Blog MasBos Multimedia

3 Cara Membuat Undangan Digital Menarik Yang Perlu Anda Coba

3-Cara-Membuat-Undangan-Digital

Zaman sekarang sudah canggih. Soal pernikahan selain ada dokumentasi digital dengan membuat video pernikahan, Anda juga perlu membuat undangan menjadi digital. Kenapa? Untuk menghemat bujet. Ya, undangan biasa adalah pemborosan yang tak perlu sebenarnya. Kertas aneka warna dan harga perlembarnya mahal itu pada akhirnya hanya dibaca sekali lalu masuk kotak sampah. Jadi sudah saatnya Anda mencoba 3 cara membuat undangan digital yang menarik berikut ini.

Undangan digital tidak memerlukan biaya cetak. Cukup kirimkan via email, status di akun jejaring sosial ataupun dikirim perorangan via pesan pribadi/inbox. Langsung saja, berikut 3 cara yang perlu Anda coba untuk membuat undangan digital yang menarik.

  1. Membuat Digital Desain Grafis

Karena ini momennya istimewa, maka Anda perlu membuat desain yang istimewa saja. Terlalu remeh jika hanya pasang tulisan status undangan. Bisa-bisa rekan-rekan Anda tidak datang karena merasa tidak dihargai. Kalau Anda bisa mengoperasikan software seperti Corel ataupun Photoshop maka buatlah desain undangan yang indah dan menarik lalu simpan dalam versi JPG, JPEG ataupun PNG. Selanjutnya kirimkan ke pesan pribadi rekan-rekan Anda di Facebook ataupun ke WA dan Line mereka.

Kalau Anda kurang jago main software desain, mungkin bisa meminta tolong rekan yang jago. Bisa juga menggunakan jasa desain di tukang sablon tapi hanya minta desain saja. Tentu harganya tak seberapa dibanding ketika Anda membuat undangan versi cetaknya.

  1. Membuat Video Undangan Singkat

Kalau menggunakan gambar digital mungkin kurang berkesan, Anda bisa mencoba membuat video sendiri. Ya, video singkat saja. Aplikasi editing video atau gambar di smartphone sudah cukup untuk meneggabungkan beberapa potongan video Anda disisipi kata-kata undangan.

Anda bisa memasukkan sekilas kisah cinta Anda berdua, dikombinasikan dengan video-video footage yang biasa diunduh gratis dari beberapa situs seperti videvo.net dan lainnya. Kembangkan imajinasi anda untuk membuat video singkat namun berkesan sehingga rekan-rekan Anda merasa penasaran untuk datang.

  1. Membuat Undangan Versi Wedding Website

Cara ini nampaknya paling keren. Anda bisa membuat sebuah blog ataupun website sederhana. Yang paling gampang dengan layanan Blogger/Blogspot. Template gratisan yang bagus-bagus sudah banyak tersebar dan bisa dipakai.

Atur dan tata desain wedding website Anda hingga cukup nyaman dipandang, lalu sebarkan url-nya ke berbagai pesan dan jejaring sosial rekan-rekan Anda. Dengan menambahkan widget tertentu, atau dengan form tertentu ajak para calon tamu untuk melakukan konfirmasi kedatangannya. Sediakan juga halaman khusus untuk mereka mengirim foto yang didapatnya dari pernikahan Anda. Tentu lebih seru.

Nah seru bukan? Dengan membuat undangan digital berarti Anda sudah mengurangi pemakaian kertas. Mengurangi pemakaian kertas berarti turut serta melestarikan hutan sebagai sumber kayu untuk kertasnya.

Tinggal mungkin permasalahan yang akan Anda hadapai adalah tidak semua orang mengakses media sosial. Nah, khusus bagi generasi tua yang tak tahu tentang FB, Twtter, maupun Instagram, tentunya perlu Anda perlakukan lain. Jika orangnya masih satu lingkungan, maka perlu didatangi dengan sopan untuk mengundangnya.

Oke, itulah 3 cara membuat undangan digital menarik yang layak Anda terapkan. Dengan menghemat biaya undangan, maka bisa dialokasikan untuk keperluan resepsi yang lain. Misalnya membayar sewa jasa rias, jasa video wedding dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *