Blog

Berapakah Idealnya Mempekerjakan Karyawan?

Industri Kreatif

Jawabannya sangat tergantung dari besar kecilnya sebuah skala usaha/bisnis. Tapi jika skalanya sudah sampai pada UKM (usaha kecil menengah) maka dipastikan sudah paham jumlah karyawan yang harus dipekerjakan. Ada empat kategori skala usaha menurut PortalUKM yaitu:

  • Industri rumah tangga: 1-4 orang karyawan
  • Industri kecil: 5-19 orang karyawan
  • Industri menengah: 20-99 orang karyawan
  • Industri besar: lebih dari 100 orang

Skala dalam hal ini bukanlah jumlah omset atau keuntungan yang bisa didapatkan dari perusahaan tersebut. Tetapi jumlah orang yang dibutuhkan agar perusahaan bekerja dengan optimal. Bagi kamu yang masih awam dan ragu untuk mempekerjakan karyawan, setidaknya cobalah dulu untuk mengukur kapasitas diri dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di perusahaanmu seorang diri. Contohnya seperti ini,

“Seorang melakukan jual beli tas ransel dan bisa melakukan kontak dan transaksi dengan pelanggan dalam sebulan adalah 30 orang. Sudah termasuk pengiriman sendiri, cek transfer uang sendiri, serta menerima komplain sendiri. Lalu melakukan usaha marketing produk sendiri, packaging produk sendiri, jika masih bisa dilakukan sendiri dengan jam kerja normal yaitu 9-10 jam sehari maka anda tidak perlu menyewa karyawan.

Tetapi jika anda merasa sering mengabaikan calon pelanggan yang bertanya, berkonsultasi, komplain, maka anda sesegera mungkin untuk merekrut karyawan dan membagi tugas anda dengannya. Tidak terkecuali di industri mana pun. Baik industri kreatif atau tidak, karyawan yang membantu tugas anda dapat meringankan beban kerja. Sehingga anda bisa fokus untuk merencanakan strategi memperluas omset industri yang anda jalankan.

Apalagi industri kreatif yang membutuhkan tidak saja produk-produk unik dan berbeda dari pesaing tetapi juga memikirkan memasarkannya pada pelanggan yang tepat. Tanpa karyawan tentu akan sangat sulit. Untuk memulai 4 orang adalah langkah yang pas. Siapa yang mengurusi administrasi, marketing promosi, menghadapi pelanggan atau costumer service dan mengawasi produksi produk. Anda cukup mengontrol saja bagian kerja mana yang butuh bantuan anda.

Nantinya anda akan mendapati bagian-bagian kerja tertentu membutuhkan karyawan lagi. Sehingga itu menunjukkan industri anda semakin berkembang. Jadi, jangan ragu mempekerjakan karyawan untuk membantu anda. Tunda dulu semua keuntungan masuk ke dompet anda. Masbos sendiri memiliki setidaknya empat karyawan inti untuk menjalankan bisnis dan sedang menambah karyawan baru.

jasa video jogja sewa kamera jogja jasa edit video bikinvideomarketing

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CEO & Founder

27972_1285862400608_3892011_n

JULLA BEE IMARATU, S.S.