Blog MasBos Multimedia

Cara Memilih Drone, Perhatikan 8 Faktor Utama Ini

Cara-Memilih-Drone

Ingin memiliki drone? Mungkin bagi Anda yang ingin mengabadikan berbagai momen dan acara besar secara lebih menarik akan menjawab Iya. Selain itu, kalangan youtuber kelas menengah yang mulai menggarap berbagai review lokasi wisata akan lebih mantap jika mengerti seluk beluk lokasi wisata dengan pandangan dari udara. Sehingga sebuah drone bisa sangat dibutuhkan. Tetapi ketika Anda ingin membeli sebuah drone perhatikan 8 faktor penting di bawah ini harus Anda pertimbangkan saat memilih dan membelinya.

  1. Anda Sudah Mampu Menerbangkannya, Minimal Siap Belajar

Kalau memang sudah kebutuhan, meskipun belum bisa pastilah nanti belajar. Namun karena masih benar-benar pemula, sebaiknya beli drone yang untuk pemula saja. Harganya pun tak akan semahal drone untuk profesional. Jika sudah akrab dan mahir mengendalikannya, silakan beli drone yang lebih bagus lagi

  1. Pertimbangkan Penggunaan Drone

Sebelum membeli drone, pastikan Anda mengerti akan untuk apa penggunaannya nanti. Cara paling mudah adalah mengetahui nantinya akan digunakan untuk area indoor ataukah outdoor. Lalu jenis drone apa yang menurut Anda cocok dengan kegiatana yang akan Anda rekam, dan selanjutnya model drone yang bagiaman yang akan dicari. Apakah drone yang mampu menghasilkan foto menawan atau drone kecil sesuai tujuan trik yang ingin Anda lakukan?

  1. Kenali Spesifikasi Kunci Drone

Setelah mengetahui seberapa kebutuhan dan apa tujuan pembelian drone, selanjutnya Anda harus mengenal spesifikasi drone yang akan Anda beli. Beberapa spesifikasi kunci harus Anda teliti yang mana sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya untuk menghasilkan potret berkualitas maka pilihlah drone yang memiliki kamera berkualitas tinggi. Kalau mencari yang bisa terbang dengan mudah berarti pilihlah drone yang memiliki fitur RTF (Ready to Flay). Beberapa drone menyediakan fitur unggulan seperti kamera resolusi 4K dan GPS.

  1. Perhatikan Spesifikasi Kemampuan Terbang dan Pengisian Daya

Perlu diketahui drone untuk warga sipil mempunyai kemampuan terbang maksimal hanya 25 menit, sedangkan drone bagi pemula hanya sampai 7 menit saja. Dalam memilih drone pertimbangkan juga kemampuan terbangnya.

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah lamanya pengisian daya serta berapa lama daya tahan baterai. Untuk mempermudah dan mempercepat kerja Anda, pertimbangkan juga membeli baterai cadangan sebagai persiapan jika sewaktu-waktu baterai drone Anda lemah. Sehingga saat baterai yang pertama dicharge, drone masih bisa terbang dengan baterai cadangan.

  1. Lihay Spesifikasi Jangkauan Terbang (Range)

Semakib bagus sebuah drone maka jangkauannya pun semakin jauh. Drone Toy-Grade semacam Syma X5C memiliki kemampuan terbang maksimal 50 meter dari remote. Sedangkan yang jenis profesional seperti DJI Phantom series mampu terbang sejauh 5 Km dari remote.

  1. Teliti Alat Pengontrol Drone

Alat satu ini sangatlah penting. Alat kontrol yang baik akan menyajikan laporan langsung dari penerbangan drone. Misalnya berada poada ketinggian berapa, dengan kecepatan serta posisinya. Sebuah alat kendali drone yang baik tidak sekedar berfungsi menerbangkan drone saja.

  1. Ada Harga Ada Rupa

Harga memang tidak menipu. Semakin bagus kualitas dan spesifikasi drone yang Anda cari maka semakin mahal pula harganya. Jadi sesuaikan kebutuhan dan bujet yang ada. Jika memang masih membutuhkan fitur yang biasa saja, cari drone yang tidak mahal pun jadi. Tapi kalau butuh drone dengan fitur canggih, pastinya Anda harus siap dana yang banyak.

  1. Pertimbangkan Perlindungan Garansi dan Ketersediaan Suku Cadang di Daerah Anda

Sebagai alat yang sering terbang dan rawan mendarat dengan tidak sempurna maka drone oun rawan rusak. Karenanya di sekitar Anda seharusnya tersedia penyedia suku cadang untuk drone tersebut. Sebenarnya kalau mau sedikit risiko, bisa saja suku cadang drone Anda dapatkan dari penjual online. Yang penting harus benar-benar teliti dalam membeli suku cadang via online.

Jadi, bagi Anda yang sudah mantap ingin memiliki drone, silakan 8 faktor dalam cara memilih drone terbaik yang telah kami ulas di atas menjadi bahan pertimbangan. Semoga mendaapt drone terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *