10 Langkah Cara Memotret Sunset dan Sunrise

10 Langkah Cara Memotret Sunset dan Sunrise

Dalam dunia fotografi landscape, sunset dan sunrise merupakan waktu yang paling dicari untuk memotret. Bahkan ada yang mengatakan kalau belum memotret sunset dan sunrise belum layak disebut fotografer landscape. Oleh karena itu cara memotret sunset dan sunrise berikut ini harus dipelajari agar foto landscape Anda memuaskan.

Jadi tidak sembarangan jeprat-jepret untuk mendapatkan hasil foto sunset dan sunrise yang bagus. Bisa-bisa hasilnya mengecewakan. Coba simak langkah-langkahnya berikut ini.

Tips/Cara Memotret Foto Sunset dan Sunrise

  1. Riset Dulu Lokasinya

Sebaiknya Anda cari dulu informasi tentang lokasi Anda memotret sunset dan sunrise. Kumpulkan informasi seputar rute ke lokasi, apakah bisa menggunakan kendaraan ataukah harus berjalan kaki. Misalnya harus menginap di mana penginapannya. Dan paling penting adalah pada waktu-waktu kapan kita bisa memotret sunrise atau sunset.

  1. Lihat Referensi Dari Foto-Foto Yang Sudah Ada

Selanjutnya carilah referensi foto-foto sunset dan sunrise dari fotografer lain. Lebih baik lagi jika sunset atau sunrise diambikl dari lokasi yang akan kita tuju. Dengan begitu kita akan mengetahui darimana kita bisa mendapatkan foto terbaik. Bukan berarti meniru, namun kita mempelajari bagaimana mendapatkan sudut yang tepat untuk mengambil gambar.

  1. Datang Di Lokasi Lebih Awal

Baik untuk memotret sunrise maupun sunset Anda harus datang lebih awal dari momen berharga tersebut. Hal ini karena sunset maupun sunrise tidak di setiap waktu ada. Ada waktu yang disebut Golden Hours, yaitu 1-2 jam sebelum matahari tenggelam hingga 30 menit sebelum tenggelam, sedang sunset pada 1-3 jam sejak matahari terbit. Pada jam-jam ini matahari akan memberikan warna keemasan pada objek yang kita potret.

Selanjutnya ada Blue Hours, yaitu 20-30 menit setelah matahari tenggelam. Pada waktu tersebut langit akan berwana biru. Matahari memang sudah terbenam namun langit belum begitu gelap.

  1. Siapkan Tripod dan Kabel Release

Saat-saat sunrise dan sunset memang suasananya minim cahaya, sehingga harus menggunakan kecepatan rana yang rendah agar memperoleh exposure yang pas. Karena itu, untuk menghindari getaran gunakanlah tripod dan kabel release. Tetapi jika tak ada kabel release, maka manfaatkan saja shutter timer kamera.

  1. Tambahkan Objek Tertentu Sebagai Foreground

Memang tujuan utama dari memotret sunset dan sunrise adalah sunset atau sunrise-nya, namun harus ada tambahan latar depan (foreground) sehingga foto lebih memiliki dimensi. Objek yang menjadi foreground bisa berupa bentuk sosok manusia, perahu, rumah, pohon ataupun lainnya. Kalau ingin menghasilkan bentuk foto siluet untuk objek foreground gunakanlah flash. Pertama metering ke arah sekitar objek matahari, kemudian fokuskan ke foreground lalu ambil gambar.

  1. Gunakan Filter Untuk Memperindah Gradasi Cahaya

Penggunaan filter ND, GND maupun CPL sangat disarankan dalam memotret sunset dan sunrise. Dengan bantuan filter ini maka gradasi cahaya sunset akan lebih dramatis.

  1. Penggunaan Lensa Tele dan Wide

Penggunaan lensa wide memang banyak dipakai dalam memotret sunset dan sunrise. Tetapi sebenarnya hal itu bukan hal pasti. Jika Anda menggunakan lensa tele, maka detail matahari akan lebih detail.

  1. Terapkan White Balance Cloudy

WB Cloudy berguna ketika fotografer memotret dalam cuaca mendung, saat pagi hari, dan senja hari. Dengan settingan ini maka warna kuning kecoklatan pada warna sinar matahari akan semakin kuat dan mempernidah hasil foto.

  1. Pakailah Spot Metering

Gunakan mode metering spot untuk menghasilkan sunset dan sunrise dengan exposure yang pas. Jika Anda memotret menggunakan kamera saku, maka gunakan mode sunset scene.

  1. Foto Siluet Untuk Memperindah Sunset

Kebanyakan foto sunset dan sunrise menampilkan siluet. Hal ini memang menjadi daya tarik tersendiri. Tapi sebaiknya Anda tidak terpaku pada pemandangan langit saja. Cara memotret suliet sendiri sebenarnya mudah saja. Arahkan saja metering kamera ke cahaya yang peling terang lalu arahkan fokus ke objek target.

Itulah 10 langkah cara memotret sunset dan sunrise. Jangan lupa untuk memantau panampakan sunset dan sunrise, jangan sampai terlena dengan obrolan hingga pemandangan yang ditunggu-tunggu malah terlewatkan. Selain itu jangan lupa berdoa semoga agar cuaca cerah. Karena segala usaha dan persiapan telah ditata dengan matang, tinggal berdoa saja agar cuaca bersahabat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *