Blog MasBos Multimedia

Keren Mana Start-Up atau Entrepreneur?

Industri Kreatif

Sedikit sentilan hari ini, bagi kamu yang masih duduk di bangku kuliah dan bimbang untuk menentukan masa depan, apakah bekerja atau wirausaha, maka kamu akan tambah bingung lagi selanjutnya saat masuk gerbang wirausaha itu sendiri. Apakah start-up atau Entrepreneur? Emang beda? Nah itu dia yang juga cukup sulit di jawab.

Dikutip dari StartUp Digital bahwa perbedaan antara UKM (entrepreneur) dan start-up sebenarnya tidak begitu terlihat jelas. Tapi kerenan mana? Itu dia sekarang kembali pada dirimu. Sederhananya, sebagian besar orang yang ingin mendirikan start-up adalah mereka yang berbisnis menggunakan teknologi internet. Lalu dibutuhkan berbagai orang dengan kemampuan khusus menciptakan produknya. Seperti programer, desain grafis, dan pengerjaan yang menggunakan beragam teknologi modern dan aplikasi inilah start-up diartikan. Sedangkan UKM bisa dikerjakan tanpa kemampuan khusus atau tingkat penggunaan teknologi internet atau modern tidak begitu dominan.

Keren mana? Jujur tidak ada yang lebih keren atau sebaliknya. Bisnis untuk anak muda bisa di mana saja. Kamu bisa berjualan di pinggir jalan itu pun omsetnya bisa mengalahkan mereka yang setiap hari di depan layar komputer membuat aplikasi. Semua kembali ke padamu.

Satu hal yang perlu kamu tahu, untuk memulai start-up tidak mengharuskan dirimu adalah seorang programer. Karena start-up sendiri seperti perusahaan yang sudah jelas struktur organisasinya. Siapa CEOnya? Siapa CTOnya? siapa pihak direktur marketing/pemasarannya? Karena tanpa kejelasan struktural pun, sekeren apa pun start-up milikmu tidak akan berkembang dengan baik dan cepat.

Lantas tujuanmu apa? Jika tujuanmu ingin segera mendapatkan penghasilan, maka menjadi entrepreneur itu adalah pilihan yang tepat. Tidak semua aplikasi seperti gojek, traveloka, atau aplikasi game dan sejenisnya selesai dikerjakan dalam waktu singkat. Bisa jadi setelah jadi pun, produk aplikasimu tidaklah populer dan tidak diterima oleh masyarakat secara luas. Sedangkan Entrepreneur, kamu harus siap untuk action segera mencari keuntungan nyata. Tidak sekedar menyusun rencana-rencana semata.

Jadi sudah coba untuk memantapkan diri? Kamu ingin mendirikan start-up atau menjadi seorang entrepreneur? Ayo semangat mandiri dengan berbisnis!

Bagimu yang sudah menjadi wirausaha dan ingin mengjangkau calon pelanggan baru lewat online dengan maksimal, kami tim dari MasBos bisa membantu. Silahkan hubungi kami.

jasa video jogja sewa kamera jogja jasa edit video bikinvideomarketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *