Blog MasBos Multimedia

Membuat Iklan Banner Mudah dengan Canva

Marketing Online

Beberapa orang akan belajar cara mengedit gambar sebelum mereka beranjak ke hal yang lebih rumit seperti mengedit sebuah video. Beberapa mahasiswa mengedit gambar dengan Photoshop agar tampak lebih hebat dari teman-temannya. Bahkan tutorial desain sendiri sudah beredar di internet lebih banyak dari beberapa tahun yang lalu sehingga tanpa kursus dengan jam tertentu pun, anda bisa menjadi ahli dengan latihan terus menerus. Hal dasar yang perlu diperhatikan adalah bahwa desain sebenarnya sangat erat kaitannya dengan dunia marketing.

Lihat di website ini atau website yang kami kelola lainnya. Setidaknya memiliki tampilan yang enak dilihat dan mudah dipahami. Karena bagi anda yang belajar desain, cobalah ubah tujuan belajar anda menjadi desainer yang handal dalam pembuatan banner iklan. Banner iklan tidak terbatas pada banner online yang sering anda lihat di website atau blog yang anda kunjungi. Tapi juga facebook ads, instagram ads, kemudian iklan poster di pinggir jalan, sampai billboard yang besar. Ya, semua menggunakan desain untuk merayu orang yang melihatnya agar tertarik dengan pesan yang disampaikan pada iklan tersebut.

Ada cara praktis jika anda bahkan tidak memiliki software editing gambar/foto. Akses saja Canva. Lalu bagaimana dengan gambarnya? Cari dulu bahannya di website yang menyediakan wallpaper. Sebelum menggunakan Canva, anda diharuskan register. Mudahnya register menggunakan Facebook atau Gmail. Kemudian, pilihlah tombol berwarna hijau dengan tulisan “Create a Design”. Pilihlah pada kategori paling bawah yaitu “Ads”. Jika anda lihat, tersedia berbagai macam ukuran iklan yang tepat untuk facebook, banner blog, dsb. Biasanya mereka yang belum mahir menggunakan software editing video akan kesulitan menentukan langkah awal ukuran kanvas ini. Jadi pihak Canva sudah menyediakan formatnya. Klik saja disana.

Nah, banyak format kan? Pilih layout yang terdapat label “free” atau “gratis” karena nanti anda tidak akan dimintai konfirmasi pembayaran setelah mendownloadnya. Sudah memiliki gambar/foto yang ingin di edit? Kalau sudah upload ke dalam Canva. Ada di bagian panel di sebelah kiri. Jika sudah selesai mengupload lalu klik saja pada gambar/foto anda nanti akan langsung berpindah ke sisi layar kerja Canva. Pilihlah layout yang sesuai. Anda tinggal mengganti saja kalimatnya, atau bisa menambahi fitur lain semisal elemen, text lain, dan lainnya. Sesuai kebutuhan. Dan tugas anda selesai.

Permasalahan Canva cuma satu. Jika anda cukup kreatif dan ingin mengubahnya dari awal hingga akhir, Canva tidaklah cocok. Karena mereka menyediakan komponen yang tinggal klik dan seret saja. Hanya cocok untuk tingkat pemula dan menengah yang ingin mendapatkan inspirasi dengan berbagai macam foto. Cocok juga untuk mereka yang ingin menjual hasil karya editannya kepada klien dengan cepat. Semoga sedikit rahasia ini bisa membantu anda dalam mendapatkan ide desain yang cocok untuk dunia usaha/kerja. Konsultasikan pada kami, MasBos, perihal desain untuk marketing. Gambar yang ada di artikel ini adalah contoh desain menggunakan Canva.

One Response

  1. Barang Diskon says:

    Kreatif bgt masboss! mantappp

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *