6 Langkah Teknik Membuat Foto Pemandangan Landscape Dengan DSLR

6 Langkah Teknik Membuat Foto Pemandangan Landscape Dengan DSLR

 

Membuat-Foto-Pemandangan-Landscape-Dengan-DSLR

Teknik satu ini menjadi salah satu favorit para penikmat fotografi. Hasilnya pun banyak dipakai orang. Mulai dari menjadi wallpaper komputer hingga bahan desain grafis. Secara definisi fotografi landscape adalah teknik fotografi yang fokus merekam pemandangan alam. Meskipun bisa dikombinasikan dengan makhluk hidup seperti manusai dan hewan lain, tetapi fokus utama teknik landscape tetap menonjolkan pemandangan. Kesempatan kali ini kita akan bahas 6 langkah teknik membuat foto pemandangan menggunakan DSLR.

Sekedar info, hasil karya Anda yang bagus bisa dijual ke beberapa situs stok foto dan bisa menghasilkan uang. Untuk foto genre landscape misalnya di situs shutterstock.com. Ada informasi yang mengatakan, harga perfoto di situs penyedia gambar berbayar ini antara $0,25 hingga $28 per gambar. Oke, langsung saja berikut ini 6 langkah membuat foto landscape/pemandangan.

  1. Usahakan Mengambil Foto Di Bawah Jam 10

Pada pagi hari cahaya matahari tidak terlalu terik juga tidak terlalu redup. Karena itu untuk mengambil gambar landscape sangatlah tepat. Selain soal cahaya, soal stamina tubuh pun ada peran di sini. Tentunya lebih nyaman memotret di pagi hari di mana suasana masih sejuk, badan masih segar, bahkan sambil olahraga. Nah, waktu yang tepat untuk memotret adalah antara sebelum jam 10. Lebih dari itu cahaya matahri kan sudah mulai panas.

  1. Manfaatkan Suasana Sunset dan Sunrise

Kedua momen ini memang menjadi saat-saat menguntungkan bagi fotografi genre landscape. Perpaduan warna alam yang begitu sesuai akan membuat hasil jepretan tampak mewah dan berkelas.

  1. Manfaatkan Foreground

Jika background adalah latar belakang suatu objek foto, maka Foreground merupakan latar depan. Bagian ini berupa sebuah objek yang diposisikan paling depan sehingga sangat mencolok dan menarik perhatian. Pemilihan tempat objek tersebut bisa dimana saja.

  1. Memanfaatkan Garis-Garis Panorama

Ingat gambar khas yang diajarkan guru SD zaman dahulu kala? Beberapa buah garis lurus yang bertemu akhirnya membentuk lukisan jalan dangan latar belakang gunung. Dihiasi dengan beberapa tiang listrik dan pepohonan. Nah, bagaimana kalau kita manfaatkan pola teresbut dalam dunia fotografi?

Banyak sekali lokasi yang menampakkan garis-garis yang jika dijadikan bahan foto akan menjadi karya yang luar biasa. Jadi perhatikan jalanan yang Anda lalui, siap tahu bisa menjadi bahan ide memotret landscape yang luar biasa.

  1. Selalu Gunakan Tripod

Dalam pengambilan gambar landscape penggunaan tripod menjadi salah satu yang wajib atau nyaris wajib. Ini sangat penting untuk mencegah terjadinya goyang saat pemotretan yang mengakibatkan gambar blur. Benda satu ini memang kadang dianggap merepotkan. Namun demi hasil yang maksimal kita memang butuh perjuangan, Guys.

  1. Terapkan Setingan Yang Tepat

Terakhir, kita harus menerapkan settingan kamera yang tepat untuk mengambil foto landscape. Setingan terbaik untuk memotret landscape adalah: Shutter speed tetapkan pada nilai 1/30, gunakan aperture f/16, pilih ISO 100 dan gunakan drive mode Single Shot. Untuk lensa pilihlah yang 18 -24mm, sedangkan white balance pilihlah Dayliht.

Demikianlah 6 langkah teknik membuat foto pemandangan/landscape menggunakan kamera DSLR. Dengan latihan dan percobaan terus menerus maka Anda bisa menghasilkan foto landscape yang berkualitas. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *