5 Tips Menyewa/ Rental Kamera Dan Lensa

5 Tips Menyewa/ Rental Kamera Dan Lensa

5-Tips-Menyewa-Rental-Kamera-Dan-Lensa

Bagi yang masih pemula dalam belajar fotografi, untuk membeli peralatan baru, mengupgrade kamera biasanya terkendala dengan biaya dan kemampuan. Sementara bagi traveller, membeli kamera mahal mungkin memberatkan anggaran. Rental kamera adalah solusinya. Namun sebelum memutuskan hal itu, simak dulu tips menyewa/rental kamera dan lensa dari paparan berikut ini.

Kita akan sangat membutuhkan jasa sewa kamera saat ada suatu keperluan yang mengharuskan adanya peralatan foto bagus, namun hanya sekali itu atau sangat jarang kita melakukan kegiatan tersebut. Entah acara keagamaan ataupun budaya. Kalau dianggarkan untuk beli kamera sendiri tentu malah lebih banyak tidak terpakai dan akhirnya rusak. Sehingga menyewa kamera atau lensa adalaha pilihan terbaik.

5 Tips Yang Pelu Anda Perhatikan Untuk Menyewa Kamera dan Lensa

  1. Cek Rekomendasi Penyedia Jasa Terbaik

Sebelum memutuskan untuk memilih salah satu jasa penyewaan kamera sebaiknya Anda teliti dulu reputasinya. Apakah ada orang yang merekomendasikan Anda untuk menyewa kamera dan lensa dari penyedia jasa tersebut? Bagaimana kepuasan orang atas jasa mereka? Dan berapa tarif sewa yang biasa dipatok oleh penyedia jasa rental kamera dan lensa.

Pada beberapa jasa rental sudah ada yang memiliki website atau minimal akun medsos. Anda bisa memperhatikan reputasinya di dunia medsos maupun melihat website-nya. Biasanya sewa kamera seperti ini sudah lumayan besar sehingga mengembangkan jaringannya, atau minimal sudah banyak pelanggannya. Misalnya penyedia sewa kamera di Jogja, Solo, Madiun, Semarang, maupun kota lainnya.

  1. Pastikan Anda Bisa Mengoperasikannya

Ini sudah jelas wajib. Sebelum menyewa atau meminjam kamera ataupun bodinya, Anda harus sudah tahu cara pengoperasiannya. Minimal ada orang yang Anda percaya di bidang ini. Jangan sampai Anda sudah membayar tarif sewa ternyata malah tidak bisa mengoperasikan kameranya.

Padahal penyedia jasa sewa kamera ataupun lensa biasanya menghitung tarif per jam atau per hari. Kalau masih disibukkan cara mengoperasikan kamera tentu waktu akan terbuang sia-sia.

  1. Manfaatkan Sewa Kamera dan Lesa Untuk Mengenali Suatu Produk Yang Ingin Dibeli

Poin ini berguna bagi Anda yang ingin membeli peralatan baru bagi kamera Anda sendiri. Bisa juga Anda yang ingin membeli kamera sendiri. Nah, sebelum benar-benar membeli peralatan atau kamera merek tertentu, maka manfaatkanlah jasa sewa kamera dan lensa untuk mengenal produk yang ingin Anda beli.

Misalnya lagi Anda ingin menambah koleksi lensa untuk kamera Anda, sebelum benar-benar membeli sewalah lensa lalu terapkan ke kamera Anda. Kalau cocok berarti Anda siap beli, kalau nggak cocok berarti hanya bayar sewa. Tentu lebih aman daripada sudah terlanjur beli ternyata malah tidak support dengan kamera.

  1. Pahami Kebutuhan Anda

Selanjutnya, terkait rencana menyewa kamera ataupun lensa, Anda harusnya mengetahui seberapa yang Anda butuhkan. Misalnya kamera untuk memotret atau merekam pernikahan, tentu beda dari kamera untuk bepergian berwisata. Hal ini juga berguna agar Anda tidak dalah menggunakan kamera sehingga berakibat kerusakan.

  1. Rencanakan Penggunaan Dengan Matang dan Maksimal

Penting sekali untuk merencakana pemanfaatkan kamera sewaan. Tentu dengan harga yang Anda bayarkan, Anda tak mau rugi dengan hanya menenteng kamera tanpa memaksimalkan kegunaannya, kan? Jadi rencakan, bahkan catat bila perlu lokasi-lokasi yang harus Anda abadikan. Rencanakan pula target pemotretan maupun perekaman. Jadi manfaatkan waktu yang telah dipatok dalam transaksi untuk memaksimalkan fungsi kamera sewaan Anda.

Dengan memperhatikan 5 tips menyewa/rental kamera dan lensa di atas diharapkan kamera sewaan Anda benar-benar maksimal. Jangan sampai sudah bayar mahal malah Anda yang rugi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *