Iklan-Terpopuler-Youtube-2017Beberapa bulan lalu, tepatnya bulan Juli, Google kembali merilis daftar Video Iklan Terpopuler di Indonesia selama semester pertama tahun 2017. Daftar tersebut merangking 10 video iklan yang paling banyak ditonton mulai bulan Januari hingga Juni 2017. Begitu juga disebutkan merek yang memiliki performa paling baik dengan audiens Indonesia.

Daftar 10 video iklan terpopuler tersebut adalah:

1. Unilever, dengan judul “1001 Inspirasi Ramadhan”,
2. Tokopedia, dengan judul “Semua yang Kamu Butuhkan Dimulai dari Aplikasi Tokopedia”,
3. Smartfren, dengan judul “Semua Gara-Gara Saaih Halilintar”,
4. Samsung, Indonesia dengan judul“Samsung Galaxy A (2017)”,
5. myXL dengan judul “Upgrade SIM Card XL 4G LTE”,
6. JD.ID dengan judul “Jadi Terbaik Itu Pilihan Terbaik”,
7. Tropicana Slim dengan judul “Teaser Webseries SORE”,
8. Blibli.com dengan judul “My Big Wish: Gratis Keliling Indonesia”,
9. Blue Band dengan judul “Resep No Oven-Kastengel”,
10. Kitkat dengan judul “KITKAT #miniBREAK Pendekar Golok Emas”.

Dari daftar tersebut ada bebera hal yang layak kita pelajari dan kita contoh dalam kreatifitas video iklan sebagai bagian dari marketing. Beberapa hal menarik tersebut antara lain:

1. Pendekatan Dengan Serangkaian Iklan

Pendekatan ini seperti terlihat dalam iklan Unilever “1001 Inspirasi Ramadan” yang menempati posisi pertama, lalu diikuti oleh model iklan ala Samrtfren dan Tropicana Slim. Dengan serangkaian film pendek berseri mereka menarik pengunjung setia sehingga jumlah viewer iklan-iklan tersebut mencapai jutaan.

2. Pembuatan Konten Video Melibatkan Tokoh Yang Akrab

Iklan terssebut juga mengikutsertakan Arief Muhammad yang merupakan seorang pembuat konten YouTube. Mereka menyadari bahwa para pembuat konten inilah yang paham dengan keseharian masyarakat Indonesia sehingga bisa menyentuh sisi mana yang akan jadi tontonan menarik sebagai bahan video.

3. Cerita Yang Emosional, Menyentuh dan Relevan

Menyentuh bukan berarti selalu sedih, tapi maksudnya menyentuh sisi yang membuat orang tertarik. Relevan dengan kehidupan keseharian. Misalnya iklan Unilever yang mengungkap keseharian pasangan muda saat Ramadhan.

Kisah yang diangkat juga emosional sehinga masyarakat penikmat YouTube tertarik untuk menonton dan menjadi subscriber channel iklan tersebut. Sisi emosi misalnya terlihat dalam iklan Tropicana Slim yang bernuansa nostalgia, pemandangan indah ala iklan Blibli.com, dan serunya aksi kung fu dalam iklan KitKat.

4. Durasi Bukanlah Masalah Selama Isinya Mengundang Maslahah

Menayangkan iklan di YouTube cenderung tak terikat durasi. Beda halnya jika menyewa ruang iklan di televisi, biayanya bisa berlipat ganda. Dengan menggunakan YouTube maka alokasi dana bisa dimaksimalkan untuk pembuatan film pendek sebagus mungkin.

Terbukti dalam video-video tersebut rata-rata berdurasi di atas 2 menit. Hanya Tokopedia yang durasinya sekitar 30 detik. Artinya, selama isi video tersebut menarik, maka orang tak akan melewatkannya. Masih ingat bukan iklan Line yang heboh pada tahun 2014 dengan menggarap karakter Cinta dan Rangga dalam AADC 2014? Film yang sejatinya penuh sisipan iklan itu sukses menjadi trending topik Twitter dengan hastag #AADC2014. Mini drama itu berdurasi hingga 10 menit.

5. Mendidik dan Menghibur

Alasan orang menonton YouTube memang biasanya adalah untuk mencari hiburan, dan sering juga untuk mempelajari sesuatu. Nah, contoh iklan ala Blue Band dan myXL adalah model video iklan yang memberikan informasi dan mendidik penonton.

Setelah menyimak 5 hal menarik dari 10 video iklan terpopuler 2017 tersebut sudah siapkah Anda dengan ide menjadikan YouTube sebagai saluran promosi yang gratis dan tak terbatas? Jangan lupa konsultasikan serta tuntaskan ide iklan kreatif Anda dengan menggunakan jasa video marketing maupun sinematik yang disediakan Mas Bos Multimedia. Selamat berpromosi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *