14-Kelebihan-dan-Kekurangan-Kamera-MirrorlessKamera Mirrorless alias tanpa cermin mulai hadir dan menggeser pasaran DSLR sejak tahun 2004 dengan rilis perdananya dari Epson R-D1. Perlahan, dengan perbaikan dan peningkatan teknologi pada mirrorless, maka kehadiran Panasonic Lumix DMC-G1 pada tahun 2008 mulai menarik para fotografer dunia. Meskipun canggih, ringan dan mudah, bukan berarti tanpa cela. Berikut ini kami ulas kelebihan/keunggulan dan kekurangan/kelemahan kamera mirrorless.

8 Keunggulan/Kelebihan Kamera Mirrorless

1. Tanpa Cermin, Memotret Jadi Nggak Berisik

Sesuai namanya yang berarti tanpa cermin, maka hasilnya adalah kamera ini tidak berisik ketika digunakan. Guncangan akibat gerakan menutup dan membuka cermin juga diminimalisir. Tanpa cermin, perakitan juga lebih hemat sehingga harga kamera mirrorless cenderung lebih murah.

2. Teknologi Live Preview Nggak Kalah Dengan View Finder

Jika pada DSLR dibekali fitur view finder, maka di mirrorless kita disuguhi LCD yang menayangkan live preview. Untunglah hasil gambar nantinya akan sama dengan yang ditampilkan di live preview.

3. Desain Minimalis Sehingga Ringan Dibawa Ngeksis

Inilah keunggulan paling menonjol dari mirrosless. Desain minimalis enteng buat ngeksis. Nggak malu membawa kemana-mana dan nggak mirip wartawan perang. Cocok buat traveler karena ringan dan tak makan tempat di kendaraan.

4. Pengen Gaya? Ada Mirrorless Ala DSLR Lo

Sony Alpha 300 adalah contoh kamera mirrorless dengna keunggulan ini. dengan desain DSLR maka kamera akan lebih kokoh dan gagah dibawa. Dengan desain lebih, maka fitur yang disuguhkan juga lebih lengkap.

5. Mau Ganti Aksesoris dan Lensa Juga Bisa

Kamera tanpa cermin ini memungkinkan kita untuk mengganti lensa dan aksesoris sesuka hati sesuai kebutuhan. Bahkan jika bukan sejenisnya, masih bisa dipasang dengan bantuan adaptor.

6. Elektronik View Finder Yang Nyata

Kekuatan terbesar dari mirrorless adalah dari Elektronik View finder (EVF). Fitur ini menampilkan preview gambar di LCD yang kualitasnya sama dengan hasil cetaknya nanti.

7. Hasil Rekamannya Lebih Baik Daripada DSLR

Banyak pengguna Mirrorless yang mengatakan bahwa ternyata hasil rekaman dengan kamera ini lebih tajam daripada menggunakan kamera DSLR. Bahkan bagi pemula, merekam video dengan mirrorless ternyata lebih tajam daripada pengguna pemula kamera DSLR.

8. Harganya Terjangkau

Soal harga juga keunggulan tersendiri bagi mirrorless. Perakitan yang biayanya bisa ditekan sehingga mirrorless hadir sebagai kamera murah namun dengan fitur yang bukan murahan.

6 Kekurangan/Kelemahan Kamera Mirrsorless

Kekurangan atau kelemahan kamera mirrorless di antaranya adalah:

1. Pegangan Yang Kurang Nyaman

Karena bentuknya yang minimalis, maka pegangan di kamera mirrorless pun terasa kurang mantap.

2. Bobot Ringan Kadang Malah Mengkhawatirkan

Dengan bobot yang ringan kamera ini justru rawan jatuh ketika di sokong dengan tripod. Misalnya di area terbuka yang kencang anginnya seperti puncak gunung, pantai dan sebagainya.

3. Kurang Bagus Untuk Memotret Obyek Bergerak

Mirrorless mengandalkan contrast detect yang mengakibatkan kelemahan saat memotrek obyek bergerak. Bandingkan dengan DSLR yang handal untuk mengankap gambar begerak maupaun diam.

4. Red Dot Patterns

Jarak flange yang sangat pendek mengakibatkan kamera mirrorless banyak yang mengalami masalah red dot pattern. Yaitu kondisi gambar yang memantulkan sinar akibat adanya sumber cahaya yang sangat terang, misalnya matahari.

5. Electronic vie finder (EVF) Tergolong Lambat

6. Daya Baterainya Boros

Daya tahan baterai kamera mirrorless saat full paling lama adalah 3-4 jam saja. Ini karena berbagai fitur seperti LCD menggantungkan daya pada baterai.

Jadi begitulah beberapa keunggulan maupun kelemahan atau kekurangan kamera mirrorless. Karena kehadirannya yang berusaha mengisi kekurangan kamera DSLR, mungkin saja ke depannya teknologi pada kamera ini akan semakin baik lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *