3-Hal-Pokok-Yang-Harus-Anda-Pahami-Sebelum-Memilih-Kamera-VideoMencari kamera video sesuai kebutuhan. Itulah yang sering luput dari perhatian banyak orang ketika membeli kamera video. Mereka hanya tahu bahwa kamera A adalah keluaran terbaru dari merek terkenal, sehingga memilikinya pasti jadi gengsi tersendiri. Padahal kebutuhannya tak memerlukan kamera setinggi itu. Mubazir kan? Ibarat kata laptop gaming mahal cuma buat main game Zuma. Nah, berikut ulasan singkat tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli kamera video.

Untuk mengetahui seberapa kebutuhan Anda, maka 3 pertanyaan pokok berikut mengarahkan Anda sedang butuh kamera jenis apa.

1. Kameranya Untuk Keperluan Apa?

Ya untuk merekam gambar dan bikin video lah. Bukan sekedar itu. Jawaban terlalu umum. Tapi pertimbangkan pengambilan gamba tersebut akan dipergunakan untuk apa?

Dari segi peruntukannya, ada 4 macam kamera; kamera studio, kamera EFP atau Electronic Field Production, kamera ENG, dan kamera rumahan (home video).

Kamera studio biasanya telah terintegrasi dengan berbagai peralatan untuk kepentingan broadcasting. Kamera jenis ini untuk keperluan shooting dalam ruangan studio. Biasanya berkaitan erat dengan perangkat sistem multi kamera dan CCU (camera control unit).

Mirip dengan kamera studio namun untuk keperluan luar ruangan adalah kegunaan kamera EFP. Kadang digunakan tanpa tergabung dengan mulit kamera.

Kamera ENG biasanya dipakai para operator saat liputan berita, pembuatan feature, membuat dokumenter dan sebagainya.

Sementara kamera home video lebih dikenal sebagai handycam. Paling banyak variannya dan dengan bentuk yang compact.

2. Memakai Media Penyimpanan Apa?

Saat ini banyak sekali macam penyimpanan data untuk kamera. Sehingga mengetahui jenis kamera apa yang sesuai kebutuhan Anda tak cukup dengan poin pertama di atas. Dari sisi penyimpanan datanya ada jenis kamera Mini-DV, DVD Camcoder, HDD Camcoder, dan Flash Memory Camcoder.

Kamera Mini-DV menggunakan penyimpanan berupa kaset, banyak dipakai oleh para jurnalis dan dipercaya lebih aman ketimbang penyimpanan hasil rekaman di hardisk. Contoh kamera jenis kamera adalah Panasonic Pro AG-DVX100BP.

Sedangkan DVD Camcoder memakai cakram DVD sebagai media penyimpanan. Namun hasilnya kurang bagus karena pengubahan rekaman ke dalam bentuk DVD akan menurunkan kualitasnya. Contoh kamera jenis ini adalah Sony DCR DVD 650.

HDD Camcoder bukan kependekan dari High Definition alias video HD ya. Tapi Hard Disc Drive alias hardisk. Ya, kamera ini menggunakan hardisk sebagai penyimpanan hasil rekamannya. Sama seprti komputer, besar kecilnya daya tampung hardisk dalam kamera ini ditentukan dengan hitungan megabit. Contoh kamera jenis ini adalah JVC Everio GZHD7 3CCD 60GB.

Flash Memory Camcoder nampaknya mengunggulkan media penyimpanan yang ringkas, tahan banting, namun berkapasitas besar. Kebanyakan kamera home video menggunakan penyimpanan media jenis ini. Contohnya adalah Panasonic HC X900M.

3. Mencari Resolusi Gambar Yang Bagaimana?

Nah, seteleh jenis kebutuhan dan jenis media penyimpanan, sekarang pertanyaannya kita ingin mencari kamera yang resolusinya bagaimana? Penting mengetahui spesifikasi kamera yang akan Anda beli mampu menghasilkan video dengan resolusi berapa, karena hal tersebut berkaitan dengan mutu gambarnya. Semakin tinggi resolusi semakin baik pula hasil rekamannya.

Resolusi terendah saat ini adalah VGA (Video Graphic Array) yang mulai ditinggalkan. Yang masih menggunakannya tinggal ponsel-ponsel murahan saja. Selanjutnya ada SD (Standard Definition), yang terbagi dua jenis; PAL 720 X 576 untuk Eropa, NTSC 720 X 480 untuk Amerika. Indonesia memakai PAL seperti negara-negara Eropa.

Resolusi selanjutnya adalah HD yang juga disebut 720p. hasil gambar atau videonya dalam ukuran 1280 X 720. Dan yang paling tinggi adalah Full HD yang ukurannya 1920 X 1080 pixel.

Itulah tiga hal pokok yang perlu Anda tahu dan pahami sebelum memutuskan membeli sebuah kamera video. Yang lebih penting lagi apakah kira-kira kamera video tersebut akan terus digunakan atau hanya keperluan jangka pendek. Nah, daripada mubazir, jika untuk keperluan jangka pendek seperti acara-acara keluarga, dokumentasi wisuda dan sebagainya manfaatkan saja jasa video shooting seperti Mas Bos. Pastinya hasil videonya lebih profesional dan mantap.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *