5-tips-Membuat-Film-Dokumenter

Film dokumenter harus direkam dengan berdasarkan fakta. Sehingga film ini mengandung fakta san subjektivitas si pembuat. Artinya penyajian memang berdasar fakta, namun disisipi juga pemikiran-pemikiran dari pembuatnya. Ada beberapa kiat atau tips membuat film dokumenter agar hasilnya bagus dan disukai penonton. Beberapa langkah tersebut akan diuraikan dalam tulisan kali ini

Apapun jenis film dokumenter yang Anda buat, tentunya memerlukan berbagai cara khusus agar hasilnya memuaskan. Dengan persiapan maupun finishing yang baik maka film Anda akan banyak diminati. Nah berikut ini tipsnya:

  1. Banyak Ide Di Sekitar Kita Tinggal Anda Mau Pilih Mana

Sebenarnya banyak sekali sumber ide di sekitar kita tanpa harus pergi jauh-jauh. Karena salah satu dari jenis film dokumenter adalah seputar perjalanan Anda. Yang diperlukan adalah asah kepekaan agar kita menjadi sensitif terhadap momen dan menjadikannya sebagai ide.

  1. Harus Ada Film Statement

Film statement merupakan ide yang telah tertuang dalam kertas. Gunanya sebagai arahan ketika Anda mengambil gambar di lapangan,  terutama saat penentuang angel pengambilan gambar. Kiat kedua ini diterapkan ketika skenario telah selesai, Anda tinggal memperbanyak referensi agar lebih menguasai film yang sedang dibuat.

  1. Buatlah Treatment Atau Outline (script)

Script merupakan cerita rekaan terkait film yang sedang dibuat. Bagian ini adalah gambaran seluruh kerja yang akan dilakukan ketika memproduksi film. Dengan script ini maka kerja akan lebih terarah.

Beberapa fungsi skrip adalah:

  1. Buatlah Daftar Rencana Pengambilan Gambar

Ada dua jenis yang harus Anda catat pada poin ini. Pertama shooting list yang isinya seputar perlengkapan dan arahan singkat. Sehingga saat shooting berbagai perlengkapan sudah disiapkan. Sedangkan shooting scedhule terkait pada jadwal shooting-nya.

  1. Lakukan Editing Yang Bagus

Langkah selanjutnya disebut pasca produksi. Dalam tahap ini film berada di meja kerja editor. Yang perlu disiapkan dalam tahap ini adalah transkip wawancara, loging gambar dan editing skrip.transkip wawancara harus menyajikan semua bagian wawancara secara detail.

Sedangkan terkait loging dasar artinya mengambil gambar hasil shooting disertai catatan kode waktu untuk adegan tersebut. Dan terakhir yang agak rumit adalah editing script yang berupa preview atau peninjauan atas hasil pembuatan film. Dengan demikian maka kesalahan akan bisa diminimalisir.

Itulah 5 tips mendasar untuk membuat film dokumenter yang Anda buat bisa bagus dan menarik. jangan lupa, untuk perlengkapan shooting dan sejenisnya Anda bisa menyewa ke salah satu divisi dari Mas Bos Multimedia. Dengan peralatan shooting yang lengkap, maka hasil film Anda juga akan sempurnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *