5-Tips-Membuat-Video-Traveling

Dengan dukungan berbagai gadget yang kompatibel untuk traveling, maka kian banyak traveler yang mengabadikan perjalanannya dalam format video. Bahkan sebagian Youtuber juga memanfaatkan hobi travelingnya untuk menambah koleksi video yang akan diunggah ke akun YouTube mereka. Nah, Anda pun bisa melakukan hal itu. Berikut ini rahasinya untuk membuat video traveling lebih bagus dan berkesan.

Selain penggunaan kamera aksi ataupun GoPro terbaik, Anda juga perlu menyiapkan perlengkapan untuk editing video. Soalnya ini agar video perjalanan lebih berkesan, tentu harus ada pengolahan. Kalau sekedar video perjalanan tanpa editing maka akan jadi video yang biasa-biasa saja, bukan?

  1. Pilih Dan Tetapkan Tema Video

Pertama Anda harus menentukan akan membuat video traveling dalam tema apa. Apakah tentang wosata yang dikunjungi? Ataukah seputar kegiatan Anda dan rekan-rekan? Atau justru cuplikan video seperti footage? Nah tentukan yang akan Anda buat.

  1. Persiapkan Perencanaan Yang Matang

Rencakan sejak awal segala perlengkapan terkait lokasi yang Akan Anda kunjungi. Jika akan traveling ke pantai Anda sebaiknya persiapkan juga pakaian yang cocok. Untuk ke gunung juga demikian. Sehingga saat terekam kamera, maka video Anda akan tampak serasi.

  1. Siapkan Peralatannya Dengan Baik

Beberapa alat untuk membuat video traveling yang bagus dan berkesan harus Anda siapkan. Di antaranya adalah:

Anda bisa menggunakan kamera ponsel maupun kamera saku. Yang penting spesifikasinya bagus untuk membuat video yang sering bergerak. Akan lebih baik lagi jika Anda gunakan kamera aksi yang kini banyak dijual dengan harga terjangkau.

Ini tentnu wajib, agar Anda tak mati gaya gara-gara ingin merekam ternyata baterainya sudah lemah. Karena itu selalu persiapkan 2 atau 3 baterai cadangan. Kamera untuk merekam video biasanya lebih boros ketimbang untuk mengambil gambar saja.

Dengan memperhatikan tema video yang Anda ambil, pertimbangkan media penyimpanan yang akan Anda bawa. Apakah cukup dengan kartu memori ataukah harus membawa hardisk eksternal ataupun lainnya.

Penyangga dengan tiga kaki ini sangat penting untuk membantu pengambilan gambar. Memang agak menambah beban bawaan, namun Anda akan rugi banyak jika sampai peralatan satu ini tidak terbawa.

Selain membawa media penyimpanan yang memadai, Anda sebaiknya juga menyiapkan media cadangan untuk backup sewaktu-waktu. Agar ketika terjadi hal-hal di luar dugaan maka dokumen hasil rekaman Anda masih bisa diambil.

  1. Pelajari Cara Pengambilan Gambar Yang Baik

Untuk membuat video traveling yang bagus, Anda harus lebih sering berlatih dan belajar melakukan pengambilan gambar yang tepat dab baik pula. Lihatlah video-video traveling orang lalu perhatikan cara mereka mengambil gambar. Pada akhirnya Anda akan bisa melakukan pengambilan gambar yang unik dan khas.

  1. Perindah Dengan Editing Yang Maksimal

Proses selanjutnya agar video traveling Anda bagus dan beda adalah memaksimalkan proses editing. Hal ini sebenarnya opsional saja. Tetapi untuk menghasilkan video yang layak tonton memang seolah wajib. Sehingga Anda juga harus bisa menggabungkan potongan-potongan video Anda. Video traveling yang bagus adalah yang nyaman dinikmati. Biasanya dilengkapi dengan musik pengiring, suara yang jernih dan bebas bising serta proses cut to cut yang halus dan rapi.

Cobalah terapkan 5 tips membuat video traveling agar menjadig bagus dan menarik di atas, dan jadikan video Anda menarik semua orang. Selamat berwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *