7-Tips-Penting-Membeli-Kamera-Mirrorless-Untuk-PemulaSeperti telah dibahas sebelumnya tentang keunggulan dan kekurangan kamera mirrorless, kamera ini memang punya daya tarik tersendiri. Bentuknya ringkas dan ringan, serta mudah digunakan. Membuat para penggemar fotografi dari kalangan pemula sekalipun ingin benar memilikinya.

Tapi jangan terburu-buru beli. Baca dulu tips berikut ini agar kamu tidak salah beli. Baik salah dalam memilih merek maupun salah dalam membeli kamera mahal namun ternyata tidak maksimal penggunaannya. Cobalah simak 7 tips membeli kamera mirrosless bagi pemula berikut ini.

1. Pahami Kebutuhanmu Dulu

Kira-kira kamu mau beli kamera mirrorless itu untuk kebutuhan pemakaian harian ataukah untuk belajar dan meningkatkan skill? Dari sini akan bisa ditentukan kamera mirrorless yang bagimana cocok kamu beli.

Jika untuk keperluan belajar dan memperdalam fotografi, belilah kamera yang kelas menengah ke atas. Meskipun harganya mahal tapi kamu akan puas dengan berbagai fitur dan kemampuan yang bisa kamu pelajari darinya.

Dan jika untuk keperluan pemakaian sendiri, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Apakah akan sering digunakan di ruangan ataukah akan di lapangan.

2. Pilihlah Kamera Mirrorless Yang Dilengkapi Lensa Kit

Buat pemula, biar nggak bingung memilih pasangan lensa untuk kameranya, maka belilah kamera mirrorless dengan lensa kit-nya. Dengan membeli paket lengkap maka kamu tidak dipusingkan lagi dengan mencari lensa yang cocok.

Beda halnya bagi yang sudah mendalami fotografi, maka leboih baik membeli kamera body only. Dengan begitu bisa menghemat biaya, apalagi jika sudah punya lensa sebelumnya.

3. Perhatikan dan Pahami Fiturnya

Sebelum membeli kamera mirrorless, para pemula sebaiknya memperhatikan spesifikasi kamera. Bagian yang paling pokok adalah tentang seberapa sensor dan shutter Speed, kecepatan autofokusnya dan lebar range ISO-nya? Selain itu beberapa fitur tambahan namun penting dan harus ada adalah aplikasi, Wifi, dan LCD lipat.

4. Teliti Kualitas Video Yang Mampu Dihasilkan

Kamera mirrorless juga mampu digunakan untuk merekam video sebagaimana kamera DSLR. Teliti spesifikasi kamera, apakah ia mampu menghasilkan video full HD atau tidak. Bagi para Vlogger dan Youtuber tentunya memilih kamera mirrorless yang mempunya kemampuan merekam yang baik akan membantu usaha mereka.

5. Ingat, Carilah Kamera Yang Bergaransi Resmi

Jangan hanya garansi toko atau distributor, tapi kamu harus membeli dan mendapatkan garansi resmi dari pabrik. Hal ini penting untuk menjamin bahwa kamera mirrorless yang kamu beli adalah asli.
Selain itu garansi resmi juga berguna jika sewaktu-waktu kameramu rusak atau cacat bawaan. Untuk servis bisa di tempat yang bekerjasama dan menerima garansi tersebut, bahkan jika ternyata cacat bawaan, maka kamu bisa menukar dengna kamera yang tidak cacat.

6. Pelajari Ulasan Online-nya, Minimal Tanya Teman

Jangan hanya baca keterangan dari produsen sebuah kamera. Karena mereka tentu akan membahas keunggulannya saja dan mengabaikan kelemahan. Bacalah berbagai review kamera mirrorless yang banyak tersebar. Khususnya merek dan tipe yang akan kamu beli. Dengan mengerti kelebihan dan kekurangannya, kamu akan bisa memilih mana yang dirasa cocok.

7. Sesuaikan Dengan Ketersediaan Budget

Nah, ini yang paling penting. Sesuaikan dengan dana yang tersedia. Jadi kamu bisa menentukan kamera mana yang pas dengan isi dompetmu. Kalaupun harus menyicil maka pastikan kamu mampu bayar cicilan dengan tepat waktu.

Dengan menerapkan 7 tips membeli kamera mirrorless untuk pemula separti di atas, maka diharapkan kamu akan mendapatkan kamera yang tepat. Kalau memang belum bisa membeli, masih dalam proses menabung, namun ingin memiliki dokumentasi video maupun foto yang keren, gunakan saja jasa Mas Bos Multimedia untuk mengabadikan momenmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *