5-Alasan-Kenapa-Video-Anda-Tidak-Disukai-Orang

Bagaimana kabar video marketing Anda? Sudah banyak yang share, komentar atau like? Atau malah dapat boom dislike? Waduh! Sudah susah payah membuat video yang sepertinya sempurna ternyata tidak sesaui harapan tentunya bikin jengkel dan kecewa. Sabar, mungkin 5 alasan berikut ini bisa menjawab kenapa video Anda tidak disukai orang. Coba cek lagi…

1. Materi Terlalu Biasa dan Sudah Banyak Video Lain Yang Membahas

Hal ini sering terlaku pada video-video yang Anda unggah di YouTube. Mungkin tema atau pembahasan yang Anda ambil sebagai bahan sudah terlalu biasa sehingga terkesan begitu-begitu saja. Sehingga penonton akan bosan. Baru baca judulnya saja sudah nggak melirik.

Solusinya, coba carilah materi yang lebih segar dan beda. Kalaupun terpaksa masih membahas materi biasa, carilah sisi lain dari pembahasan tersebut sehingga akan terlahir materi yang lebih segar. Informasi kekinian yang banyak dibahas orang biasanya masih menyisakan sisi yang tak terbahas oleh khalayak. Di situlah ANda harus bermain.

2. Penyampaiannya Terlalu Biasa

Begitu suatu berita jadi viral, maka biasanya banyak pula YouTuber yang membahasnya. Saling sikat siapa lebih cepat. Sebenarnya itu bukan masalah, namun jika Anda ikut-ikutan maka janganlah menggunakan cara penyampaian yang terlau biasa. Harus ada hal beda yang membuat orang memilih menyukai dan menonton video Anda.

Dalam hal marketing, Anda harus cerdas menangkap peluang dari sebuah berita yang lagi viral. Di sisi mana Anda bisa membuat sebuah video tentang berita tersebut tapi yang masih berkaitan dengan bisnis Anda. Bisa saja kan? Yang penting cara penyampaiannya harus beda.

3. Bertele-tele Sehingga Boros Durasi

Ingat akses video di internet pastilah menggunakan kuota yang lebih banyak. Sehingga penonton lebih suka video yang pendek namun padat informasi dan gaya penyampaian yang tidak membosankan. Ini yang sulit. Kalau durasi video Anda terlalu panjang otomatis orang akan enggan memutarnya. Kalau mereka sempat membuka video Anda dan ternyata isinya bertele-tele tentu mereka akan kecewa. Tombol dislike jadi sasarannya.

4. Kualitas Video Yang Minim

Banyak hal yang membuat video Anda tidak berkualitas. Bisa karena pengulangan kata oleh VO-nya sehingga terkesan muter-muter, intonasi yang tidak tepat, gambar ilustrasi yang tidak sesuai, ataupun karena suara bising yang timbul akibat musik latar yang tidak serasi.

Kalau video Anda minim kualitas tentunya orang juga malas untuk melihatnya. Ketika mereka memutar ternyata isi video amburadul, tentu semakin kecewa. Lagi-lagi tombol dislike ditekan. Jadi, jika ingin channel YouTube Anda mendapat subscriber berlimpah, tingkatkan dan jaga kualitas video Anda.

5. Trik Promosi Yang Salah

Video bagus, kontennya bagus, penyampaian sudah baik, durasi sudah oke, kok nggak laku juga? Mungkin ini yang salah. Promosinya. Atau malah tidak dipromosikan sama sekali? Wah itu lebih salah lagi. Padahala Anda berharap dari video datang apra calon pelanggan bagi jasa ataupun produk Anda.

Memang ini namanya mempromosikan promosi. Tapi memang begitulah, video Anda perlu dipromosikan dengan tepat. Kalau promosinya kurang tepat pun, hasilnya juga kurang memuaskan. Contohnya Anda bagikan tautan video di YouTube Anda di Facebook tetapi di komunitas yang tidak tepat. Video tentang produk makanan disebar di grup penyuka fashion. Ya nggak nyambung. Meskipun bisa saja mendatangkan pengunjung tetapi dari awal minatnya sudah beda maka prosesntasinya tentu sedikit.

Nah, telitilah video Anda, apakah 5 alasan video tidak disukai orang tersebut ada yang Anda alami. Segara perbaik dan semoga ada perubahan siginifikan. Kalau ingin video yang benar-benar bagus dan berkualitas, konsultasikan saja dengan pakarnya, Mas Bos Multimedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *