Industri Kreatif

Bisnis anak muda memang banyak jenisnya. Online maupun offline. Menggunakan teknologi komputasi atau pun teknologi manual. Memasarkan produk sendiri atau produk orang lain. Satu lagi jenis bisnis yang cukup digemari adalah industri kreatif. Jenis bisnis ini memang mencoba membuat produk nilai tambah dan cukup luas cangkupannya bisa online maupun offline. Lalu bagamana mengelompokkan bisnis kita termasuk industri kreatif atau tidak? Juga bagaimana caranya menciptakan bisnis yang termasuk industri kreatif?

Anda bisa mencoba mencari di google Program Kreativitas Mahasiswa dan menemukan beberapa sumber yang bisa menjadi rujukan untuk industri kreatif. Sumber pertama di Wikipedia dan kedua langsung melalui Dikti. Jika anda masuk pada website dikti, menu profil hasil PKM kewirausahaan maka anda akan mendapati beberapa produk dari mahasiswa. Salah satu produk yang bisa digolongkan menjadi industri kreatif adalah sarung instan two-in-one untuk meningkatkan motivasi anak dalam beribadah sholat. Sederhana namun dengan nilai tambah bahwa sarung khusus anak yang bisa digunakan di kedua sisinya.

Industri kreatif tidak harus dengan modal alat dan bahan yang besar. Tidak harus juga dengan jumlah karyawan yang banyak. Tetapi produk yang terlihat umum di pasaran memiliki nilai tambah sehingga nilai kreatif muncul disana. Coba cek lagi produkmu apakah termasuk industri kreatif atau bukan.

Salah satu keunggulan dari produk industri kreatif adalah kita tidak perlu melakukan promosi iklan yang berlebihan karena produk itu sendiri sudah melakukan promosi dengan beragam nilai tambah yang ada. Sehingga seperti promosi secara otomatis. Beberapa iklan produk di instagram misalnya, cleanvast yaitu jasa cuci sepatu yang mengunggulkan produk Pine Tree dimana mampu melindungi sepatu dari noda dan mudah dicuci sendiri.

Temukan dan pikirkan ide kreatifmu yang bisa kamu tambahkan ke dalam produkmu. Industri kreatif tidak harus produk yang ketinggalan zaman. Jadilah bagian dari industri kreatif Indonesia. MasBos juga merupakan salah satu pelaku industri kreatif di bidang jasa digital berupa video.

jasa video jogjasewa kamera jogjajasa edit videobikinvideomarketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *