Cara-Membuat-Youtube-Channel-Untuk-Bisnis

Seperti disinggung dalam pembahasan sebelumnya, tempat membagikan video marketing Anda yang paling mudah dan gampang mendatangkan pengunjung adalah di YouTube. Selain jutaan pengguna setiap harinya, YouTube juga gratis tanpa biaya tambahan. Dengan memiliki channel bisnis di YouTube, maka Anda sudah mulai merintis branding untuk bisnis Anda. Pada kesempatan kali ini kita akan ulas langkah dan cara membuat Youtube Channel untuk bisnis Anda.

Meskipun gratisan namun para pemain besar ternyata memanfaatkan YouTube untuk promosi. Sebut saja Tokopedia, Bukalapak, Line, dan semua brand terkenal. Bukan lagi soal gratisannya tapi kemudahan menjangkau pemirsa adalah keunggulan yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Nah, berikut ini rincian langkah membuat channel di YouTube.

1. Email Gmail

Syarat pertama Anda harus punya email Google, Gmail.com. Dengan email dari Google ini pula Anda bisa akses berbagai layanan Google. Mulai dari G+, membuat blog di blogger.com, termasuk membuat channel di YouTube.

2. Sign In ke Youtube.com

Biasanya begitu Anda sudah login ke email, maka otomatis akun Youtube Anda juga aktif dan sudah login. Jadi channel sudah tersedia tinggal mengaturnya. Namun saya sarankan untuk membuat channel tambahan saja selain akun bawaan email. Hal ini terkait trik agar penggunaan akun YouTube Anda aman dan mencadangkan akun kita bila sewaktu-waktu channel bermasalah.

Caranya mudah. Setelah masuk ke Youtube.com, silakan arahkan pointer ke sudut kanan, di logo nama Anda. Biasanya betuliskan huruf pertama nama akun email Anda. Klik ikon tersebut, lalu klik gambar gerigi “YouTube Setting”. Maka Anda akan dibawa ke halaman Overview. Klik “See all my channels or create a new channel”. Selanjutnya muncul halaman baru dan Anda pilih menambahkan akun YouTube.

Langkah selanjutnya, kilk pada Create a New Channel, lalu muncul kolom, tuliskan nama channel bisnis Anda. Ya, nama channel Anda siap di pakai.

3. Melengkapi Deskripsi, Channel Art dan Ikon

Nah channel YouTube Anda sudah siap. Tinggal melengkapi bagian deskripsi channel dan keterangan lainnya. Untuk mempercantik channel Anda maka tambahkan gambar banner dengan resolusi 2560 x 1440 piksel dengan ukuran maksimal 4MB. Lebih gampangnya Anda bisa buat desainnya di Canva. Bagian ikon atau foto pengguna jangan lupa isi dengan foto Anda atau foto logo bisnis Anda.

Selanjutnya di bagian “About” maksimalkan keterangan singkat namun memuat beberapa kata kunci untuk bisnis Anda. Dan kini Anda sudah dapat mengunggah video ke channel YouTube Anda. Jangan lupa mencantumkan keterangan dan menyisipkan link ke website utama Anda agar pengunjung mendatangi website bisnis Anda.
Beberapa settingan lain lebih dalam tentang channel YouTube silakan Anda cari karena sudah banyak yang membahasnya. Termasuk cara upload video dan pengaturannya.

Kini maksimalkan channel Youtube Anda untuk mendatangkan visitor tertarget ke Website sehingga mereka kebanyakan datang langsung ingin membeli atau menggunakan jasa Anda. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, isi channel bisnis dengan video marketing yang menarik dan memikat. Dukung dengan video-video buatan Anda sendiri agar lebih hemat. Namun jangan lupa, satu master video terbaik gunakan jasa video marketing terbaik pula. Nah untuk urusan satu ini silakan hubungi Mas Bos Multimedia. Tim Mas Bos siap menyediakan garapan video yang menarik, kreatif, inovatif, dan informatif. Buktikan saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *