6-Tips-Fotografi-Still-LifeKamu suka memotret makanan lalu mengunggahnya ke media sosial? Atau misalnya memotret benda-benda kesayanganmu? Asal tahu saja, gayamu itu tergolong dalam genre fotografi still life, yaitu seni fotografi yang menjadikan benda mati seolah hidup dan bercerita. Nah biar fotomu semakin menarik dan layak diunggah ke Instagram, ikuti 6 tips foto Still Life berikut ini.

Foto still life memang sebaiknya memperhatikan berbagai kiat penting agar tidak gagal total. Bidikan yang kurang tepat akan menghasilkan gambar yang tak sesuai keinginan. Berikut ini 6 tips agar foto stiil life lebih hidup.

1. Perhatikan Pemilihan Alas Dan Background Foto

Pemilihan alas dan background atau latar belakang obyek foto harus tepat. Pemilihan yang tepat akan mempengaruhi keindahan foto dan hasil yang enak dipandang mata. Pandai-pandailah mengombinasikan teksteru halus dan kasar yang seimbang agar fotomu nyaman dipandang. Contoh perpaduan halus kasar misalnya foto makanan dengan alas nampan yang berkarat, dengan latar belakang tembok yang sudah kotor dan terkelupas.

2. Pilihlah Aksesoris Yang Tepat Sebagai Aksesoris Pemanis Foto

Setelah memilih alas dan latar belakang yang mantap, selanjutnya manfaatkan beberapa properti untuk mempermanis obyek yang akan kamu foto. Hal ini pun harus memperhatikan kombinasoi tekstur halus dan kasar.

Misalnya dalam contoh tadi, jika alas dan bacground foto bertekstur kasar, maka properti aksesoris sebaiknya bertekstur halus. Misalnya lap, pita, bunga dan benda-benda yang berkesam lembut lainnya.

3. Perhatikan Pemilihan Sudut Pengambilan Gambar (Angle) Yang Tepat

Pengambilan sudut gambar yang tepat akan menghasilkan gambar yang baik dan menarik. Untuk memotret makanan misalnya, maka angle yang pas adalah 45 derajat. Sudut ini akan memberikan dimensi makanan yang terlihat sempurna dan tidak datar.

4. Perhatikan Sumber Pencahayaan Dan Ambil Posisi Yang Tepat

Pengetahuan tentang pencahayaan sangat penting buat kamu yang ingin serius di dunia fotografi. Karena itulah salah satu dasar penting dalam fotografi. Kamu bisa memakai pencahayaan alami maupun buatan (artifisial).

Pencahayaan dari sinar matahari merupakan pencahayaan alami. Untuk artifisial misalnya pencahayaan menggunakan lampu studio, lampu belajar, dan lainnya. Untuk memaksimalkan cahaya, kamu juga memerlukan bantuan reflektor (pemantul cahaya) dalam fotografi, reflektor terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu reflektor perak, emas, putih, transparan, dan hitam.

Namun jangan bingung kalau memang tak punya reflektor. Alternatif pemantul cahaya bisa kamu dapatkan di sekitarmu. Untuk reflektor putih misalnya, kamu bisa pakai styrofoam dan nampan yang putih.

5. Jangan Lupa Foto hasil Jepretanmu di Edit Dulu

Setelah mendapat foto, maka selanjutna editlah dulu agar lebih memikat. Saat ini banyak aplikasi untuk mengedit foto. Misalnya Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom, dan seperti Adobe Lightroom dan Snapseed untuk kamu yang pakai smartphone.

6. Berlatihlah Sesering Mungkin Agar Semakin Terbiasa

Tanpa praktek dan aksi, maka tips ini hanya akan jadi tambahan masak. Karena itu terapkan tips di atas dan lakukan pemotretan sesering mungkin. Dengan sering memotret maka kamu akan semakin terbiasa dan hafal bagaimana seharusnya langkah yang menghasilkan gamabr terbaik.

Selain itu bergabunglah dengan komunitas fotografer yang sealiran. Dari senior kamu bisa meminta tips dan trik tertentu agar sebuah foto still life seperti benar-benar hidup.

Begitulah 6 tips agar kemampuan fotografi still life kamu semakin meningkat dan foto hasil jepretanmu semakin hidup. Karena foto still life bisa kamu pakai sebagai promosi produk di media sosial. Sedangkan untuk memiliki video marketing produknya, silakan hubungoi Mas Bos Multimedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *