tips-memilih-Fotografer-Untuk-Dokumentasi-PernikahanFoto maupun rekaman video untuk momen terindah dalam hidupmu tentu haruslah berkesan dan menjadi dokumen termahal. Khususnya untuk pernikahan yang banyak orang mendoakan dan berharap adalah sekali seumur hidup. Karena itu memilih fotografer maupun videografer janganlah sembarangan. Ikut tips berikut ini agar kamu tidak keliru…

Acara-acara penting seperti pernikahan, khitanan, ataupun reuni dan ulang tahun spesial (seperti Sweet Seventeen) tentunya ingin kamu abadikan. Jangan hanya asal diabadikan. Tapi buatlah agar lebih berkesan sepanjang perjalanan hidup ke depan. Dan memang mengabadikan momen seperti pernikahan jika hanya dengan foto saja akan terasa hambar.

1. Perhatikan Review dan Testimoni Para Pengguna Terdahulu

Sebelum memilih jasa sebuah layanan fotografi maupun videografi sebaiknya kamu teliti dulu seberapa baik hasil karya si penyedia jasa. Terkadang jasa fotografer dan videografer sudah jadi satu paket dengan jasa Event Organizer pernikahanmu, penyedia jasa sewa perlengkapan pernikahan atau bahkan seorang penyedia jasa rias pengantin bisa “menggendong” jasa rekannya untuk ditawarkan.

Nah, coba tanyakan rekan-rekan, tetangga, atau kenalan yang mungkin pernah menggunakan jasa mereka. Jika memilih layanan yang bisa dipesan via online, perhatikan testimoni atau review di luar situsnya. Lebih baik jika kamu menemukan pengguna jasa mereka dan bisa berbagai pengalamannya. Jadi tahu keunggulan dan kekurangannya.

2. Perhatikan Jadwal Kontraknya Dengan Pelanggan

Pemilik jasa yang bagus biasanya dikerubungi para pelanggan. Itu sudah wajar. Mereka bahkan sampai harus antri untuk menggunakan jasa si Fotografer/videografer. Nah, telitilah apakah fotografer pilihanmu tergolong banyak yang ngantri ataukah banyak yang malah lari setelah menggunakan jasanya.

3. Sampaikan Segala Angan-anganmu Soal Foto Kepada Si Fotografer

Karena penyedia jasa foto atau video adalah pelaksana keinginanmu, sampaikanlah segala keinginanmu terkait bagaimana dokumentasi acaramu nantinya. Hal ini penting agar mereka memahami keinginan calon kliennya. Fotografer ataupun videografer profesional yang berkualitas tentu melayani calon pelanggan yang rewel sekalipun. Jadi sedikit rewel nggak masalah asalkan kamu lancar saja pembayarannya.

4. Sesuaikan dengan Budget

Ada harga ada rupa. Itu sudah umum. Begitu juga dalam memesan jasa fotografer dan videografer untuk acaramu. Mintalah pelayanan sesuai budgetmu. Minta pilihan layanan yang sesuai dengna dana yang tersedia.
Nah, kalau ternyata danamu menipis, ya jangan menggunakan jasa videografer yang sangat bagus. Atau kalau bisa pinjamlah kamera-kamera saudara atau teman, minta mereka untuk memotretmu atau merekam acaramu.

5. Pilih Sesuai Tema Acaramu

Jika ingin hasil dokumentasi acaramu bagus dan berkualitas, setelah memilih fotografer atau videografer yang pas, silakan sampaikan tema pernikahan atau acara yang akan kamu adakan. Hal ini penting supaya mereka bisa mempersiapkan perlengkapan yang sesuai tema, jenis kamera yang akan digunakan, hingga perangkat tambahan yang mungkin dibutuhkan.

6. Persiapkan Diri dan Pasangan Dalam Kondisi Terbaik

Tak hanya dengan bagian fotografi saja, namun dirimu dan pasangan juga perlu mempersiapkan diri. Kondisi kesehatan dan kebugaran penting agar pas acara kamu nggak kelihatan lesu, kuyu dan pucat.

Jangan lupa jaga komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak yang terkait dengan acaramu. Dengan komunikasi yang terjalin maka rencanamu untuk mewujudkan acara yang berkesan akan mudah terwujud.

Zaman sekarang fotografer harusnya tak hanya memberikan dokumentasi cuma foto saja. Minimal mereka harus memberikan album memori digital yang tak mudah rusak. Tak hanya file foto-foto, namun harusnya memberikan videonya. Nah, ingin punya dokumentasi acara yang bagus? Hubungi saja yang sudah berpengalaman seperti Mas Bos. Semoga acaramu mengesankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *