Cara-Membuat-Foto-HDR-Dalam-5-Langkah-Mudah

Pernah dengar istilah foto HDR? Foto jenis ini menonjolkan kemampuanya menangkap dynamic range dari suatu pemotretan. Dynamic range sendiri sebenarnya adalah rasio kemampuan sensor kamera dalam menangkap perbedaan yang detail antara gelap dan terang dalam sebuah foto. Ukuran satuannya adlah stop. Lalu bagaimana cara membuat foto HDR? Ikuti 6 langkah yang kami ulas berikut ini.

Dalam menghasilkan HDR, dynamic range juga tergantung pada seberapa ukuran dan kualitas sensor masing-masing kamera. Dalam praktiknya kasus pemotretan dalam situasi seperti sunset dan sunrise akan menghasilkan perbedaan terang dan gelap yang sangat jauh. Ketika matahari terlalu terang, sedang daratan mejadi gelap maka kamera mengalami kesulitan untuk menangkap detail foto.

Nah, ketika Anda menginginkan agar foto sunrise atau sunset tersebut juga menampilkan bagian daratan yang juga detail, maka saat itulah teknik foto HDR dibutuhkan. Teknik ini tak lain adalah penggabungan beberapa foto hingga menghasilkan suatu foto yang lebih detail. Biasanya tiga sampai lima buah foto dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah foto HDR.

Cara Membuat Foro HDR Dengan DSLR dan Photoshop

  1. Gunakan Tripod Atau Alat Bantu Lainnya

Agar hasil jepretan kamera Anda tidak berbayang, maka penggunaan tripod sangat disarankan. Hal ini agar beberapa foto yang dihasilkan akan menampilkan lokasi yang sama tanpa gerakan yang membuat fokus berubah.

  1. Set Kamera Ke Mode Aperture Priority (A Atau Av)

Aturlah kamera ke mode Aperture Priority agar kamera yang menetukan sendiri shutter speed.

  1. Atur Fokus Ke Manual Focusing

Sebelum beralih ke manual, tes dulu beberapa kali jepretan dalam mode autofocus. Setelah itu barulah ganti fokus dari auto ke manual.

  1. Pengaturan Automatic Braketing

Aturlah Automatic bracketing kamera agar menghasilkan 3 hingga 7 foto, dalam shutter speed berbeda-beda. Coba baca lagi buku panduang kamera yang Anda miliki tentang hal ini. Sebab masing-masing merek kamera bsia berbeda dalam pelayanan.

Pencetlah tombol Fn, lalu putar command dial di belakang kamera sampai di LCD muncul tanda bracketing di LCD. Selanjutnya pilih bracketing 3, 4, atau 7. Terakhir ganti posisi release mode menjadi continous high speed.

Contoh lain pada kamera Canon SLR, pengaturan automatic bracketing dilakukan dengan cara memencet dan menahan tombol Mode dan AF.Drive agar bracketing aktif. Selanjutnya di menu custom functions atur menjadi 5. Lalu set kamera ke mode burst.

Nah, setelah setting kamera selesai kini saatnya beraksi. Ambillah foto lokasi yang Anda jadikan objek.

  1. Olah Hasilnya Dengan Photoshop

Terakhir, olah foto hasil jepretan Anda dengan software yang mendukung. Misalnya Photoshop dan Photomatix Pro. Gabungkan foto-foto hasil jepretan Anda dengan software tersebut.

Cara Membuat Foto HDR Dengan Smartphone

Anda pun bisa membuat foto dengan efek HDR menggunakan smartphone. Caranya jauh lebih mudah. Silakan unduh aplikasi foto HDR di Google Play Store. Namun kami sarankan untuk mengambil yang buatan Google, yaitu Snapsheed.

Selanjutnya pilih foto yang akan dibuat efek HDR. Kemudian pilihlah beberapa tool HDR yang tersedia dalam aplikasi. Sangat mudah kok. setelah selesai tinggal tekan tomboh save.

Itulah ulasan tentang tips dan cara memotret HDR bagi pemula. Sepertinya Anda pun bisa melakukannya. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *