6-Cara-Membuat-Video-Marketing-Yang-Efektif

Tak hanya asal membuat video marketing dan hanya sekedar ikutan tren, tetapi pembuatan video juga harus memakai cara agar benar-benar menunjang pemasaran produk Anda. Tanpa strategi yang tepat maka video yang sudah susah-susah dibuat hanya akan sia-sia belaka. Cobalah 6 cara membuat video marketing agar efektif yang kali ini diulas dalam artikel ini.

Meskipun sebuah video sudah bagus dan menarik, namun bisa saja gagal memenuhi harapan kita. Video tersebut tidak sukses meraih target penonton yang harus dijangkau, dan gagal viral. Karena itu perlulah kita ketahui bagaiman agar video marketing benar-benar efektif. Berikut rinciannya …

  1. Awali Dengan Research Sebelum Membuat Video

Saat akan membuat video marketing pun kita harus melakukan penelitian dahulu. Ini bertujuan untuk memastikan dan menentukan konten video seperti apa yang nantinya akan dibuat. Ada beberapa poin yang perlu dijadikan patokan untuk membatasi penelitian Anda.

Pertama tentukan jenis konten yang akan digunakan, apakah edukasi, praktik, testimoni atau lainnya. Selanjutnya tentukan target apa yang akan Anda cari dari penonton. Tindakan yang bagaimana dan perilakau seperti apa yang Anda harap dari mereka setelah menonton video Anda.

  1. Lebih Menonjolkan Nilai dan Pesan, Bukan Melulu Jualan

Saat ini iklan sudah berjejalan memenuhi jagat internet. Itu karena semua pengusaha melihat potensi internet yang sangat besar untuk menunjang bisnis mereka. Karena itulah masyarakat pada akhirnya akan jenuh dengan berbagai iklan. Video-video iklan juga bertebaran tak terbendungkan.

Seperti pernah dibahas bahwa masyarakat mengakses internet itu bisanya bertujuan mencari informasi, mencari tutorial ataupun mencari hiburan. Nah, jika mereka berhadapan dengan video-video iklan yang menonjolkan penjualan saja, maka video tersebut akan segera ditutup. Tentunya Anda tak ingin dipelakukan seperti itu bukan?

  1. 5 Detik Pertama Begitu Mengesankan …

Dalam aturan membuat tulisan, paragraf pembukan harus membuat pembaca tertarik untuk meneruskan hingga inti. Begitu juga dalam video marketing. Lima detik pertama sangatlah krusial untuk menentukan efektif tidaknya dan laku tidaknya konten video Anda.

Bangkitkanlah rasa ingin tahu, penasaran dan kekaguman penonton pada 5-10 detik pertama video Anda. Hal itu bisa dilakuakan dengan pertanyaan, contoh ambigo, maupun menyentil sisi kehidupan yang nantinya akan diarahkan ke produk Anda sebagai solusinya.

  1. Pilih Tempat Pemasaran Video dan Lakukan Optimasi

Selanjutnya adalah memikirkan di mana Anda akan menampilkan video yang telah dibuat atapun dipesan ke jasa pembuatan video. Apakah di website, media sosial, ayakah di YouTube. Saran kami gunakan semua platform pendukung agar semakin memaksimalkan SEO di website Anda.

Pemasaran video Anda juga akan semakin baik jika ditunjang dengan iklan berbayar di YouTube maupun di Facebook. Sebab dengan diiklankan maka video Anda kan lebih menjangkau banyak target yang relefan dan berpotensi menjadi konsumen Anda. Untuk tahu keunggulan mengiklankan video di YouTube maupun FB, baca lagi artikel tentang keunggulan keduanya di sini.

  1. Ketahui dan Pilih Waktu Paling Tepat Untuk Mengunggah Video Anda di Medsos

Amatilah perilaku teman ataupun follower Anda di medsos, kapan mereka biasa mengakses akunnya. Dengan mengetahui hal itu maka Anda bisa menentukan kapan waktu terbaik untuk menunggah ataupun membagikan video marketing Anda.

Meskipun video telah diiklankan, tapi Anda tak boleh berpangku tangan. Agar lebih maksimal bagikan video marketing Anda ke berbagai akun media sosial yang terkait dengan perusahaan Anda. Ini akan membantu jangkauan audience yang lebih luas.

  1. Analisa Efektivitas Pemasaran Yang Telah Dijalankan

Setelah menerapkan berbagai langkah dan cara menggunakan video marketing sebagai strategi pemasaran, bagian paling penting adalah melakukan evaluasi dan analisa. Ini agar Anda mengetahui apakah biaya periklanan, pembuatan video dan penyebarannya di berabgai platform media sosial telah sesuai target. Apakah sudah seimbang dengan pengeluaran ataukah malah merugi. Pada akhirnya Anda akan bisa menentukan langkah pemasaran selanjutnya.

Begitulah, cara membuat video marketing Anda benar-benar efektif dan menunjang pemasaran yang bisa Anda lakukan. Dengan perencanaan, pembuatan, penyebaran, serta evaluasi dengan tepat, semoga pemasaran yang Anda lakukan menemukan formula yang paling manjur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *