5-Cara-Mendatangkan-Konsumen-Ke-Toko-Online

Memiliki toko online memang keren bagi seorang pedagang. Ketika membicarakan produk barang maupun jasa yang ia jual, maka bisa ditunjukkan kepada orang sambil mengatakan “Ini toko online saya.” Tetapi apa jadinya kalau toko online Anda malah sepi? Jadi, selain punya tokonya, Anda pun haris tahu cara mendatangkan konsumsen ke toko online Anda.

Tanpa datangnya konsumen, maka toko online tak akan memberikan hasil apa-apa justru memakan biaya sewa domain atau hosting. Dan kalau toko Anda bergabung dengan marketplace seprti Tokopedia dan Bukalapak, tentu akan semakin terlihat sepinya. Tampak tak ada aktifitas transaksi dan semakin jauh dari rating baik. Nah, cobalah terapkan 5 tips beriku ini agar toko online anda ramai pembeli.

  1. Buat Website Anda Semenarik Mungkin

Tampilan adalah ibarat bagian depan toko Anda, etalase sekaligus tempat Anda meletakkan para pelayan. Tampilan sebuah website toko online yang kurang bagus akan membuat pengunjung kurang percaya sehingga menahan diri dari transaksi. Karena itu jika Anda membuat sendiri website, maka pilihlah desain template yang bagus. Bahkan sebaiknya beli template premium agar lebih leluasa melakukan modifikasi.

Pilihan lain jika Anda tidak mampu membuat sendiri website toko online adalah dengan menggunakan jasa pembuatan toko online. Dan, pilihan ketiga adalah dengan bergabung ke marketplace alias pasar online seperti Tokopedia, Bukalapak dan sejenisnya. Di sana semua toko sama bentuknya, gratis, dan tentunya sudah teroptimasi oleh pihak pemilik. Anda tinggal menjalankan optimasi deskripsi dagangan Anda.

  1. Lakukan Aktifitas Di Sosial Media Untuk Memperkenalkan Toko Anda

Lakukan aktifitas di sosial media untuk membangun trafik ke website Anda. Kalau perlu buatlah Fans page lalu iklankan agar semakin banyak yang Like dan mengenal toko Anda. Lakukan postingan secara teratur dengan konten menarik.

Konten medsos menarik biasanya dilakukan dengan melontarkan pertanyaan yang melibatkan konsumen Anda. Selanjutnya balas setiap komentar yang layak dibalas.

Hindari mengunggah konten yang terindikasi hoax ke akun medsos Anda. Karena ini akan menyebabkan citra Anda buruk. Selain itu secara langsung Anda turut serta berperan dalam pembodohan bangsa sendiri.

  1. Tingkatkan Pelayanan Konsumen

Pelayanan yang baik adalah salah satu promosi terbaik. Jadi perhatikan layanan yang Anda berikan. Tanggapi pertanyaan konsumsen secepat mungkin. Kalau memungkinkan tanggapi secara manual, karena ini menunjukkan mereka berinteraksi dengan sesama manusia. Namun jika tidak memungkinkan pilihlah boot atau tool auto responder yang bagus.

Namun untuk pelayanan via website, nampaknya tetap harus mengandalkan tenaga manusia, bukan script penjawab otomatis. Karena hal ini berkaitan dengan kenyamanan pelanggan.

  1. Pandai-Pandailah Membuat Harga Promosi

Tak ada pembeli yang tak suka dengan diskon maupun promo. Harga promo, bonus pembelian sangat efektif untuk “mengikat” pembeli agar kembali ke toko Anda. Bukan dari nilainya namun dalam hal ini memanfaatkan mekanisme psikologi orang agar senang kepada Anda.

  1. Terapkan Juga Email Pemasaran

Email pemasaran disinyalir memiliki efektifitas hingga 54% penentuan sikap positif orang terhadap perusahaan yang mengirimi mereka email. Berilah website toko online Anda kolom subscribe untuk menjaring email pengunjung. Dari data yang terjaring Anda bisa mengirimkan email pemasaran.

Apa yang perlu dimuat dalam email marketing Anda?

Masukkan daftar produk terbaru, promo dan diskon terbaru, produk yang direkomendasikan, mengkhususkan pelanggan yang belum aktif ke toko Anda dengan iming-iming bonus. Sesekali berikan juga tips atau artikel yang berkaitan dengan produk Anda. Nah, Sudah siap untuk mempraktikkan cara mendatangkan konsumen ke toko online Anda bukan? Oke, semoga toko online Anda ramai dan laris manis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *