Cara-Mendeteksi-dan-Membersihkan-Partikel-Kotoran-di-Sensor-Kamera

Partikel kotoran di sensor kamera merupakan salah satu masalah klasik bagi para fotografer. Jika tidak hati-hati membersihkannya maka akan terjadi hal yang kurang baik pada sensor kamera. Sedangkan membersihkan sensor kamera sebelum menumpuk adalah lebih baik. Karena jika dibiarkan akan bertambah dan semakin sulit dihilangkan.

Penyebab munculnya kotoran itu sendiri beragam. Biasanya karena aktifitas pemakaian yang tidak hati-hati sehingga lupa menutup bodi kamera kembali, bisa juga karena penggantian lensa dan sejenisnya. Mulai dari debu lembut hingga yang kasar bisa mengganggu sensor kamera. Berikut ini kiat cara mendeteksi dan membersihkan pertikel kotoran di sensor kamera Anda.

5 Cara Mendeteksi Partikel Kotoran di Sensor Kamera Sejak Dini

Membersihkan sensor kamera memang harus tepat waktu, artinya ketika memang kotor baru dibersihkan. Kalau memang tidak perlu dibesihkan maka tidak usah membersihkan sensor. Jadi deteksi dini dulu apakah memang di sensor kamera Anda ada kotorannya. Berikut ini caranya:

1. Pergunakan Fitur Sensor Cleaning Terlebih Dahulu

Langkah paling awal adalah mengaktifkan fitur sensor cleaning. Ulangilah sampai 3 kali. Ini berguna untuk membersihkan kotoran yang bisa dihapus oleh fitur tersebut.

2. Terangi Menggunakan Senter, dan Lihat Dengan Kaca Pembesar

Untuk mendeteksi adanya kotoran, lengkah kedua adalah dengan menggunakan cahaya senter. Pakai kaca pembesar untuk melihat partikel kotoran yang menempel di sensor.

3. Tes Dengan Memotret Kertas Putih atau Arah Layar Komputer Dengan Background Putih

Selanjutnya cobalah untuk memotret kertas putih ataupun layar komputer. Atur kamera ke Aperture Priority, pilih aperture yang lebar seperti f/8 dan f/11. Selanjutnya ambillah gambar kertas putih tadi. Jika memang sensor kamera kotor maka Anda akan lihat titik-titik hitam dalam hasil foto.

4. Pilihan Lainnya Potretlah Langit Cerah

Pilihan lainnya untuk mendeteksi partikel kotoran adalah dengan memotret langit saat cerah. Bisa juga ketika kondidi sedikit awan, namun lebih baik jika sedang biru penuh. Jepretkan kamera Anda 3 atau 4 jepretan, akan lebih baik lagi kalau dengan zoom. Gunakan memotret dengan focal length terdekat hinggan yang terjauh. Dengan menggunakan semua posisi focal length maka dalam hasil foto akan terlihat kotoran berupa apa dan posisi di sebelah mana.

5. Deteksi Kotoran Dengan Software

Jika 4 cara di atas masih sulit mendeteksi kotoran, maka software Adobe Lightroom bisa membantu Anda. Caranya adalah sebagai berikut.
– Ambil salah satu foto yang baru Anda jepret dengan salah satu cara nomor 3 atau 4. Selanjutnya buka hasil foto tersebut dengan software Adobe Lightroom.
– Selanjutnya masuk tab Develop, aturlah exposure foto
– Masuk ke tab Develop, Anda dapat mengatur, yang penting tidak terlalu gelap (under exposure), tidak terlalu terang (over exposure). Pilihlah Visualize Spot.
Setelah itu maka tampilan foto akan menjadi hitam putih. Telitilah apakah ada obyek lain selain foto langit biru dan awan. Jika memang terdapat kotoran, maka akan terdeteksi jumlah dan partikel debunya dalam mode ini.

Cara Menghilangkan Partikel Kotoran di Sensor Kamera

Untuk menghilangkan kotoran di sensor kamera, ada dua pilihan cara yang bisa Anda lakukan. Yang paling mudah adalah dengan menggunakan blower. Jangan lupa, sebelum menyemprotkan blower ke sensor kamera, pencetlah blower terlbih dahulu untuk membersihkan ujungnya yang mungkin berdebu. Setelah itu posisikan kamera ke arah bawah kemudian sempritkan angin ke dalamnya.

Cara kedua agak berisiko, yaitu dengan alat khusus pembersih sensor. Nah untuk yang ini lebih baik bawalah ke layanan servis jika tidak yakin untuk melakukannya. Sekian, semoga ulasan cara mendeteksi dan membersihkan partikel kotoran di sensor kamera ini membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *