Cara-Merawat-Kamera-DSLR-dan-Mirrorless-dengan-Benar

Kamera DSLR dan Mirrorless memang terus bersaing di pasaran. Kamera DSLR biasanya dipakai kalangan fotografer profesional, sedangkan mirrorless diminati oleh orang yang tak punya dasar mendalam soal fotografi. Dan memang kehadiran mirrorless ini menjadi jawaban bagi yang tak ingin ribet dengan urusan lensa tapi tetap menghasilkan gambar yang setara DSLR. Nah, jangan hanya dipakai, perhatikan cara merawat kamera DSLR dan Mirrorless dengan benar agar kamera Anda awet.

  1. Simpan Dalam Suhu Ideal

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki suhu udara lembab. Risikonya, sensor dan lensa pada kamera DSLR maupun mirrorless akan lebih mudah terkena serangan jamur. Karena itu perhatikan penyimpanan kamera Anda. Pilihlah tempat yang suhunya antara 40-600C. Caranya, manfaatkan silica gel yang biasanya sudah disertakan dalam kotak ketika Anda membeli kamera atau berang elektronik lainnya.

Tetapi Anda juga perlu memperhatikan petunjuk khusus dalam buku manual kamera yang Anda beli. Sebab beberapa kamera menyarankan cara penyimpanan yang khusus. Yang pasti Anda tidak boleh menjemur langsung kamera maupun komponennya pada sinar matahari langsung.

  1. Hindarkan dari Kontak Langsung dengan Air

Jika kamera Anda bukan tipe waterproof alias tahan air, maka harus dihindarkan dari air. Komponen kamera yang terkena langsung dengan air akan menjadi lembab dan cepat rusak. Kalaupun Anda harus memotret dalam kondisi rawan percikan air, maka usahakan untuk melindungi kamera dengan cover tahan air. Termasuk ketika menyimpan kamera, harus dijauhkan dari tempat yang lembab.

  1. Bersihkan Kamera Anda secara Rutin

Tentukan berapa hari sekali Anda harus membersihkan kamera DSLR dan Mirrorless. Dengan demikian Anda punya jadwal wajib untuk merawat kamera kesayangan Anda. Semprotkan saja blower ke bagian-bagian yang berpotensi menyimpan debu. Selanjutnya bersihkan seluruh bodi kamera menggunakan kain microfiber. Untuk bagian tombol navigasi sebaiknya dibersihkan menggunakan kuas halus. Cotton bud juga bisa dimanfaatkan untuk bagian yang sulit dijangkau.

  1. Jangan Lupa, Lensanya Juga Dibersihkan

Tak hanya bodinya saja, tapi lensa kamera juga harus dibersihkan dengan rutin. Setelah membersihkan debu di bodi kamera, pastikan meletakkan lensa di tempat yang aman dari debu, misalnya di atas kain putih yang baru saja dilipat. Setelah itu bersihkan lensa dengan kain microfiber. Tapi awali dengan menyemprotkan blower, supaya debunya tidak menggores lensa. Untuk menghilangkan misalnya bulu atau serat halus yang menempel di lensa gunakan lenspen. Setelah selesai, pastikan bodi dan bagian dalam kamera sudah bersih dari debu halus. Baru pasng kembali lensa kamera Anda.

  1. Bersihkan Juga Sensor Kameranya

Membersihkan sensor kamera merupakan kewajiban bagi Anda yang menggunakan kamera DSLR. Caranya, pastikan mirror lock up kamera dimatikan, agar mirror bisa terbuka. Selanjutnya hadapkan kamera ke arah bawah lalu semprot menggunakan bloers dari bagian atas agar debunya langsung jatuh ke bawah.

Jadi begitulah cara membersihkan dan merawat kamera DSLR maupun mirrorless. Hobi dan profesi fotografi tidak hanya melulu menggunakan kamera tanpa membersihkannya. Karena kamera Anda adalah ibarat mitra kerja yang harus dijaga dan diberi hak-haknya. Dengan kamera yang bersih dan terawat secara rutin, maka kinerjanya juga akan lebih terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *