3-Cara-Mudah-Membuat-Video-MarketingTahukah Anda? Membuat video marketing ternyata juga bisa dilakukan dengan cara sederhana dan samngat mudah. Setiap kita bisa membuat video marketing yang bagus. Jika Anda terkendala keterbatasan modal untuk menggunakan jasa pembuatan video marketing profesional, maka ikuti tips yang kali ini kami bagikan. Berikut ini ada 3 cara mudah membuat video marketing yang bisa Anda lakukan dengan perlengkapan terbatas.

1. Rekam Dengan Kamera yang Anda Punya

Membuat video rekaman tidak harus dengan kamera video yang mahal. Bisa dengan handycam maupun kamera DSLR yang Anda miliki. Bahkan smartphone Anda juga bisa digunakan untuk merekam video untuk keperluan video marketing ini.

Meskipun demikian usahakan agar menggunakan perlengkapan pendukung agar hasil shooting Anda maksimal. Misalnya tripod kamera, ligting, perekaman suara, dan sebagainya agar hasilnya lebih maksimal.

Isi video buatan Anda bisa berupa review produk, cara penggunaan, cara perawatan dan penyimpanan, meliput stok di gudang, meliput suasana ruang produksi, pengepakan, sortir, hingga pengantaran barang ke jasa kurir. Lebih baik lagi jika Anda bisa dapatkan testimonial dari pelanggan Anda. Jika punya tambahan modal Anda juga bisa menggunakan tokoh tertentu untuk dijadikan bagian penguat promosi.

Jangan lupa gunakan software editing video gratisan yang banyak beredar. Dengan begitu hasil rekaman Anda akan layak ditonton orang banyak.

2. Pilihan Lain, Membuat Video Dengan Power Point dan Software Perekam Layar

Selain membuat video marketing dengan shooting obyek hidup, Anda juga bisa membuat video marketing sederhana dan mudah dengan memanfaatkan software perekam layar. Misalnya video tentang tutorial yang masih berkaitan dengan komputer dan penggunaannya.

Anda pun bisa membuat video marketing dengan memanfaatkan Microsoft Power Point yang sudah terkenal di dunia presentasi. Buatlah presentasi slide show yang bagus lalu jalankan slide Anda dan rekam menggunakan software perekam layar. Camtasia Studio kami rekomendasikan untuk ini karena fiturnya lumayan lengkap. Setelah video power point jadi, Anda tinggal memasukkan rekaman suara Anda ke dalamnya.

Gunakan tambahan microphone untuk memperkuat rekaman suara ke komputer. Lalu dengan menggunakan Camtasia gabungkan audio dengan video dan hiasi dengan musik latar yang juga tersedia di Camtasia.

3. Manfaatkan Templates Video Online Untuk Membuat Video Anda Secara Gratis

Saat ini sudah banyak situs-situs penyedia template dan layanan membuat video marketing yang bagus. Sebagian di antaranya menyediakan layanan gratis. Nah, manfaatkan free version tersebut untuk membuat video Anda sebaik mungkin.
Beberapa layanan tool pembuat video online antara lain:
– wideo.co, menyediakan 7 hari free trial.
– powtoon.com, tersedia free version dengan fitur terbatas namun masih mencukupi.
– goanimate.com, menyediakan layanan Free Trial 14 hari. Lumayan kan?
– makewebvideo.com, menyediakan layanan gratis. Anda baru diminta membayar jika menginginkan untuk mengunduh dalam versi Full HD (1920 x 1080p), tanpa water mark. Selain itu maka Anda bisa menikmati gratisan.
– moovly.com, menyediakan layanan gratis dengan beberapa fitur yang dikurangi. Namun untuk menggunakan situs ini Anda hanya perlu bayar $5/bulan, atau $55/tahun.
– rawshorts.com, layanan yang agak mahal. Menggunakan sistem pay per export (membayar tiap video yang dihasilkan).
– biteable.com, menyediakan layanan free version, namun hanya bisa mempublish video ke Youtube, bukan untuk di download. Inipun sebenarnya bisa disiasati. Jadi buat video online dan langsung publish ke channel Anda.

Nah, mudah bukan cara membuat video marketing dengan jalan gratisan ini? Intinya asal pandai-pandai menyiasati layanan free version, maka Anda akan dapat hasil premium dengan tanpa membayar. Misalnya dengan cara memutar hasil video lalu langsung direkam dengan Camtasia. Beres kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *