Industri Kreatif

Istri membantu suami memenuhi kebutuhan rumah tangga bukanlah hal asing lagi di Indonesia. Bahkan beberapa lulusan universitas sekarang ini, jumlah lulusan mahasiswa perempuan dan laki-lakinya cukup seimbang. Sehingga banyak sekali tenaga kerja perempuan di Indonesia yang siap mengisi berbagai sektor industri. Tapi ada juga mereka yang memilih untuk berkeluarga dan memutuskan tidak melanjutkan karirnya dan ingin membantu suami dari rumah. Berikut beberapa industri kreatif yang bisa dilakukan dari rumah.

Penulis

Beberapa pengamatan yang telah dilakukan, wanita muda yang sudah berkeluarga lebih sering membeli dan membaca majalah dibandingkan pria. Sehingga pihak majalah, seringkali membutuhkan bahan-bahan segar sebagai konten majalah mereka. Coba sering mencari informasi majalah mana saja yang mengadakan kontes cerita pendek atau puisi. Karya yang terpilih biasanya akan mendapatkan royalti (bayaran) sesuai ketentuan masing-masing majalah. Antara Rp 500.000 sampai Rp 3.000.000 bisa didapatkan.

Selain itu, survey di toko buku juga banyak sekali penulis yang menerbitkan buku adalah perempuan. Sehingga peluang sebagai penulis masih terbuka lebar. Lagi pula, penulis tidak terbatas usia tertentu untuk melakukannya. Anda juga bisa mencoba menjadi penulis online. Baik untuk website/blog. Beberapa komunitas blogger ibu-ibu seperti emak2blogger.com bisa menjadi rujukan anda dalam memulai industri menulis ini.

Membuat Kue Kering

Kue kering adalah andalan utama bagi ibu-ibu untuk menciptakan industri kreatifnya dari rumah. Pertama karena memang idenya sudah jelas. Kedua mengawalinya dengan skala kecil tidaklah sulit. Ketiga karena rasa memang sudah paten. Caranya tentu pertama pergilah ke toko buku untuk mencari buku resep-resep kue kering yang sesuai dengan alat yang anda miliki di rumah. Mencarinya di internet memang bisa tetapi banyak sekali website yang tidak menjelaskan dengan utuh. Salah satu website yang bisa menjadi rujukan adalah cookpad.com/id. Disana sudah tersedia ribuan resep tapi sekali lagi, bacalah dengan teliti ya, karena tidak lucu jika anda sudah membuat kue kering lantas berhenti di tengah jalan karena resepnya tidak lengkap.

Untuk pemasaran bagaimana? Anda bisa langsung membuka toko dulu di rumah. Ruang tamu bisa menjadi tempatnya. Dengan membeli etalase kaca serta membuat spanduk maka anda sudah bisa menjalankan industri kreatif kue kering ini. Jangan lupa juga untuk memasarkannya kepada tetangga.

Industri Kreatif dari Hobi

Hobi merajut? Bisa membuat gantungan kunci boneka rajutan? atau hal yang terkait lainnya dengan merajut? Anda bisa membuat industri kreatif dengan segera. Tapi hobi lainnya bagaimana? Semua bisa. Karena hobi sebenarnya adalah cara kita menikmati menghabiskan uang untuk kesenangan dalam dunia kreatif. Hobi masak, bisa buka kuliner. Hobi merawat tanaman, bisa buka penjualan bunga-bunga. Apa pun berkaitan dengan hobi dan semua orang memiliki hobi maka dipastikan bisa menjadi ide industri kreatif yang baru. Jika ide sudah didapat, segerakan bertindak. Jangan lupa untuk mendiskusikannya dengan suami akan ide-ide anda. Tentu suami akan mendukung ide-ide anda selama memang masih bisa dalam jangkauan keluarga. Kamu sudah punya industri kreatif tapi ingin mendapatkan pelanggan lebih banyak? Diskusikan bersama tim kami untuk video marketing yang handal.

jasa video jogja sewa kamera jogja jasa edit video bikinvideomarketing

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *