5-Hal-Penting-Buat-Video-MarketingDi zaman sekarang sudah sedemikian banyak alat dan media untuk mempromosikan bisnis kita. Kalau dulu TV adalah media terhebat untuk ukuran memasang iklan, kini nampaknya sudah kalah mentereng dengan YouTube. Apalagi kita bisa mengunggah video berapapun jumlahnya ke situs tersebut secara gratis. Hitung saja misalnya harus promo lewat TV yang hitungan biayanya perdetik sekian digit angkanya. Namun jika Anda berminat membuat video marketing untuk pemasaran dan diunggah ke website maupun Youtube, silakan simak 5 hal penting ini.
Selain peralatan dan pengetahuan dalam membuat video, pengolahan channel bisnis di Youtube, masih ada lagi hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan video marketing. Berikut ini rinciannya.

1. Harus Berdasarkan Riset

Jangkauan pemirsa YouTube sangatlah luas. Semua lapisan masyrakat dengan berbagai latar belakang pendidikan menggukana platform ini. Sehingga dalam mempersiapkan video marketing Anda, lakukanlah riset agar mengetahui jenis konten apa yang cocok unntuk channel bisnis Anda, pemirsa yang bagaimana sasaran Anda, hingga cara menjangkau pemirsa. Dengan riset yang tepat maka video Anda akan lebih berpotensi mendapat viewer yang meningkat, like, comment, maupun share.

2. Jangan Buat Video Yang Blak-Blakan Menjual

Meskipun namanya video marketing, namun bukan lantas isi video hanya berjualan produk atau jasa saja. Faktanya video jenis ini justru tak mengundang pemirsa. Mereka merasa risih dengan iklan seperti itu. Hasilnya bukan dapat like dan share malah dapat dislike.

Disinilah pentingnya riset di atas. Sehingga Anda membuat ataupun memesan video yang lebih bertujuan memberikan informasi yang dibutuhkan pemirsa. Nah, ketika channel Anda sudah mendapat banyak pemirsa dan subscriber, sering dibagikan dan dikomentari, meskipun tak terang-terangan menyisipkan call to action, tapi mereka akan mengingat brand Anda. Setelah mendapatkan tempat di hati pemirsa, barulah selingi channel dengan video-video jualan.

Lihat saja On The Spot Trans7. Acara televisi ini awalnya hanya mengulas berbagai hal unik dan bahannya hanya ambil dari video-video di YouTube juga. Diolah diedit dengan seksama dan hasilnya jadi berbeda. Nah, saat ini sesekali On The Spot mengulas informasi namun berisi iklan pesanan sponsor.

3. Buat Video Yang Berkesan Biar Penonton Betah

Meskipun tak ada batasan panjang durasi video di YouTube, namun durasi tetaplah penting. Pertimbangannya, pemirsa biasanya malas menonton video terlalu panjang. Untuk menyiasati itu, 5-10 detik pertama adalah waktu menjual daya tarik. Buatlah video yang membuat pemirsa mau melewatkan detik demi detik dan kuota demi kuota dengan senang hati. Sehingga sisipan pesan iklan Anda akan menimbulkan kesan dalam hatinya.

4. Pilihan Channel Yang Tepat

Selain video marketing yang menarik, pengaturan dan pemilihan channel YouTube bisa mempengaruhi berhasil tidaknya iklan Anda. Bahkan video sekarang tidak selalu di YouTube. Namun media seperti Facebook dan Instagram juga potensial untuk menyebar video Anda. Tak jarang sumber video di YouTube justru berasal dari Facebook. Begitu juga sebaliknya, video di YouTube kadang meledak begitu ada netizen yang membagikan di Facebook.

5. Pilihan Waktu Yang Tepat Untuk Menyebar Video Anda

Hasil riset Anda di awal tadi berguna juga untuk menentukan kapan akan mengunggah dan membagikan video Anda. Dengan meriset kebiasaan sasaran promosi, maka Anda bisa menentukan waktu paling tepat untuk menayangkan video. Contohnya video marketing yang menarget para ibu rumah tangga, maka waktu paling pas adalah antara pukul 9 pagi hingga 11 siang. Pada jam-jam ini mereka biasanya sudah menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dan beristirahat sambil melihat YouTube sebagai hiburan.

Kesimpulannya, dengan memperhatikan 5 hal penting di atas sebelum membuat video marketing, maka video marketing Anda akan lebih efektif menjaring pemirsa yang berpotensi menjadi pelanggan. Jangan lupa, konten video yang profesional sebagai master channel YouTube hanya bisa Anda dapatkan di Mas Bos Multimedia. Silakan hubungi kontaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *