4-Aplikasi-Smartphone-Untuk-Foto-Landscape

Kamu hobi memotret pemandangan? Kalau iya, biasanya untuk berburu sunrise dan sunset di puncak gunung, kamu hanya mengandalkan keberuntungan bukan? Nah, ada beberapa aplikasi smartphone untuk foto landscape yang bisa kamu coba. Tujuannya adalah memaksimalkan akurasi perkiraan suasana di lokasi yang akan kamu tuju. Supaya perjuangan mendaki gunung untuk memotret pemandangan tidak sia-sia.

  1. The Photographers Ephemeris (TPE)

Dengan aplikasi ini maka kamu bisa mengetahui secara spesifik bagaimana nantinya sinar matahari ataupun bulan di lokasi tertentu, misalnya borobudur, pada jam tertentu pula, misalnya jam 17 lebih sekian, pada hari dan tanggal tertentu. Nggak perlu repot, karena kamu hanya perlu memasukkan lokasi, tanggal, dan waktu saja. Dan aplikasi akan menunjukkan hasil perhitungannya.

Meskipun aplikasi ini berbayar, namun untuk hasil perkiraan yang seefektif ini, maka harga itu tidak terlalu mahal.

  1. Pashadelic

Berbeda dengan TPE yang harus membayar untuk menggunakannya, aplikasi ini hanya mengharuskan kamu bergabung menjadi member. Soal fitur, memang tidak selengkap TPE, karena aplikasi ini hanya mampu memperlihatkan perkiraan posisi matahsi dan arah sinarnya pada lokasi yang dipilih. Dengan bergabung dalam komunitasnya, maka kamu akan dapat kelebihan lain berupa rekomendasi lokasi foto landscape yang bagus-bagus.

  1. Sun Seeker

Aplikasi ini juga tak kalah hebatnya untuk membantu foto landscape-mu. Secara umum aplikasi ini juga membantu mereka yang ingin tahu posisi matahari di suatu tempat dengan akurasi yang tinggi. Aplikasi ini memiliki daya tarik dengan adanya fitur augmented reality 3D. kamu cukup berdiri saja dan membuka aplikasi, selanjutnya ia akan menunjukkan di sebelah mana matahari nantinya akan berposisi. Gambaran semakin nyata dengan ilustrasi garis-garis yang disajikan aplikasi ini.

Perbandingan Sun Seeker dengan TPE adalah pada cakupan lokasinya. TPE handal untuk memprediksi posisi matahari pada lokasi yang luas, sedangkan Sun Seeker unggul pada lahan yang lebih sempit.

  1. SkySafari

Aplikasi satu ini berguna untuk membantumu menemukan lokasi konstelasi bintang, galaksi, dengan memakai lensa standar maupun teleskop. Apilkasi ini akan membantumu menemukan objek di langit. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengakses posisi 119 ribu bintang. Tak hanya itu, 220 galaksi juga bisa dilihat posisinya, juga semua planet, komet, dan bulan. Data yang dijadikan rujukan adalah dari NASA.

Dengan memanfaatkan GPS, Skysafari memperlihatkan posisi bintang, galaksi, planet dan benda langit lainnya. Dengan data pendukungnya, aplikasi ini akan membantu kamu untuk mengidentifikasi lebih cepat.

Nah, itulah 4 aplikasi smartphone yang bisa mambantumu memperoleh foro landscape yang tepat. Jadi memang bukan aplikasi untuk memotret dengan ponsel ya. Fungsinya untuk membantu kamu menemukan waktu dan lokasi yang tepat. Silakan jepret gambar landscape-nya dengan kameramu. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *