Jenis-Video-MarketingUntuk mengenalkan, menjelaskan dan menawarkan suatu produk barang atau jasa, kita memerlukan konten dan bahasa yang panjang agar dapat menyampaikan itu semua. Dan video adalah media terampuh. Karenanya kali ini lebih dalam mengenali video, akan dibahas beberapa jenis video marketing yang bisa Anda gunakan mempromosikan bisnis Anda.

Memang, berbagai poin harus diuraikan dan disampaikan agar calon customer tertarik dan akhirnya membeli. Sehingga jika disampaikan dalam bentuk sales letter membutuhkan tulisan yang panjang. Namun kecenderungan pengguna internet telah berubah. Sehingga sales letter sepanjang jalan tidak akan mereka baca dengan tuntas. Bosan. Kini mereka lebih tertarik dengan konten video. Ya, benarlah apa yang diungkapkan riset Forrester bahwa satu video ibarat mampu menampung 1,8 juta kata.

Data riset tersebut mengungkapkan bahwa ada 100 juta pengguna internet yang menonton video. Dari jumlah sekian itu 64 persennya dapat mengambil keputusan untuk membeli suatu produk setelah menonton videonya. Riset juga menemukan bahwa pengguna YouTube setiap tahunnya meningkat hingga 50%. Dan memang video akan lebih muda diterima otak manusia, kecepatannya mencapai 60.000 kali.

Jenis-Jenis Video Marketing Untuk Bisnis Anda, Semakin Komplit Semakin Mahal

Seperti sudah dibahas sebelumnya bahwa video marketing untuk media promosi adalah pilihan yang tepat. Dengan membangun channel bisnis di YouTube, mengunggah konten video bermutu dan informatif, maka branding dan nama bisnis Anda akan terdongkrak dan banyak orang yang mencari untk membeli atau menggunakan produk Anda. Berikut jenis-jenis video marketing yang bisa Anda buat dan pakai untuk mempercepat kemajuan bisnis Anda.

– Video Company Profile

Video jenis ini memuat berbagai hal pokok tentang bisnis atau perusahaan Anda. Biasanya pembuatan video company profile sangat diprioritaskan karena itu menyangkut citra bisnis atau perusahaan Anda. Maka tak heran jika banyak yang memilih jasa pembuatan video company profile untuk membuatnya.

– Video Slide Show

Video slide show adalah bentuk video yang menggabungkan foto-foto dengan efek khusus dan digunakan membentuk cerita atau uraian. Video jenis ini termasuk yang paling simpel dan praktis. Pembuatannya pun bisa memanfaatkan Ms. Power Point dan software perekam layar.

– Video Animasi

Merupakan jenis video yang menampilkan karakter 3D ataupun 2D. keunggulan video ini adalah tidak memerlukan pemerang berupa manusia. Namun pembuatan animasi juga memakan biaya dan memerlukan keahlian yang tak sedikit.

– Video Animasi White Board

Whiteboard Animation sama artinya dengan animasi di atas papan putih. Dan memang anmasi ini menggunakan dasar putih dan bisa digarap dengan software khusus seperti Sparkol. Penggunaan video Animasi jenis ini lebih mudah dalam pembuatannya.

– Video Review

Video Review adalah video yang mengulas produk berupa jasa atau barang tertentu. Termasuk membahas keunggulan dan kekurangan dari produk tersebut sekaligus solusi atau cara mengatasinya. Video review sangat penting bagi channel bisnis Anda agar pemirsa bisa semakin mengenal produk.

– Video Testimoni

Dan yang tak kalah penting adalah video testimoni. Kalau video review mengulas produknya, maka testimoni ini ungkapan kepuasan konsumen produk tersebut.

Sebuah video marketing biasanya menggabungkan beberapa jenis video di atas. Misalnya diawali dengan kilasan profil perusahaan, lalu dilanjut dengan mengenalkan produknya, review singkat dari tokoh tertetntu dan disisipi testimoni dari beberapa pelanggan. Nah, minat membuat video marketing yang nyaman ditonton, enak disimak dan menarik pelanggan? Segera konsultasikan dengan Mas Bos Multimedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *