Kelebihan-dan-Kelemahan-beriklan-di-media-sosial

Berbagai strategi promosi dan pemasaran memanfaatkan media sosial sudah banyak diulas. Baik itu dari sisi konten, strategi, maupun cara beriklannya. Namun sudahkah Anda tahu kelebihan dan kelemahan media sosial yang Anda pakai untuk promosi? Nah, berikut ini kita kuak beberapa platform media sosial yang paling ngetren, yaitu Facebook, Twitter, Google+ dan Instagram.

  1. Kelebihan dan Kelemahan Beriklan di Facebook

Facebook menjadi platform media sosial yang paling banyak penggunanya. Para pebisnis pun ramai beriklan di Facebok Ads. Banyak yang sukses dan banyak juga yang merugi. Memang demikian besarnya pengguna Facebook merupakan pasar yang menjanjikan.

Dari sisi inilah salah satu kelebihan Facebook. Selain itu beriklan di Facebook juga dipermudah. Fitur FB Ads terkenal murah, mudah dan gampang dipahami oleh para pemula sekalipun. Anda bisa mentukan tujuan, wilayah, usia, ketertertarikan hingga jenis kelamin untuk mendapatkan sasaran promosi yang tertarget melalui fitur ini. Namun satu kelemahan dari Facebook adalah matriks laporan kinerja iklan yang belum real time.

  1. Kelebihan dan Kelemahan Beriklan di Twitter

Beralih ke media sosial terbesar kedua, Twitter. Meskipun penggunanya konon kian menurun, namun pamor Twitter masihlah kuat. Sehingga masih banyak pebisnis yang memanfaatkan medsos ini untuk memasarkan produknya.

Twitter memiliki kelebihan mampu menargetkan sasaran berdasarkan minat dari hastagnya. Cara kerja Twitter hampir mirip dengan Google Adwords. Keunggulan selanjutnya adalah dukungan dari influencer atau sosok yang memiliki pengaruh dan follower banyak. Dengan memanfaatkan seorang influencer maka produk Anda bisa menjadi incaran follower fanatik si influencer tersebut. Twitter juga memiliki kelebihan adanya hastag.

Sedangkan kelemahan atau kekurangan Twitter unuk beriklan adalah juga dari hastag atau tanda pagar itu sendiri. Karena hastag yang tersedia sebagai pilihan juga masih sedikit sedang persaingannya sangat luas. Misal tanda pagar “pemasaran” yang tentu saja terlalu luas jangkauannya sehingga kurang mengena pada target.

  1. Kelebihan Dan Kelemahan Beriklan di Instagram

Instagram sebagai salah satu anak Facebook juga memiliki pengguna yang banyak. Apalagi ada fitu penghubung antara Facebook dan Instagram. Instagram lebih cenderung menjadi tempat berbagi foto dengan fitur terbatas.

Keunggulan Instagram ada pada sisi penggunanya yang bisa diperkirakan berisi kalangan menengah ke atas. Mereka juga rata-rata paham teknologi, juga biasanya merupakan pengguna aktif Twitter dan Facebook. Dengan melihat hal tersebut mereka kemungkinan besar adalah orang yang miliki gadget seperti iPhone atau minimal ponsel Android. Sehingga kemungkinan besar mereka adalah kalangan berduit.

Keunggulan lainnya karena tampilan Instagram yang sederhana dan tidak rumit. Anda tinggal foto produk sebaik mungkin lalu unggah dan unggah. Instagram juga mendukung posting dengan tanda pagar.

Kekurangan Instagram berada pada fiturnya yang terlalu sederhana dan tak mendukung toko online. Meskipun kini sudah mulai dikembangkan fitur InstaMessage sebagai fitur chatting pengguna Instagram, namun masih banyak penggunanya yang tidak menggunakan fitur ini.

  1. Kelebihan Dan Kelemahan Beriklan di Google+

Meskipun tidak begitu tenar di Indonesia, namun media sosial satu ini patut dipertimbangkan karena merupakan anak emas Mbah Google. Dengan kebesaran The Big Bos, tentunya bukan hal mustahil jika kelak Google akan menggenjot Google+ dengan berbagai keunggulan.

Keunggulan paling nyata saat ini dari Google+ adalah optimasi SEO postingan yang mendukung ke website Anda. Hal ini sangat bagus untuk mendukung pencarian postingan Anda.

Selain itu Google+ juga menawarkan fitur iklan oleh Google Display Network sehingga jangkauan iklannya akan signifikan. Iklan yang Anda tampilkan, biayanya juga dihitung berdasarkan klik pengguna internet.

Dan, kelemahan Google+ adalah karena pengunannya yang kalah jauh dibanding Facebook, Twitter dan media lainnya. Apalagi tampilannya yang biasa saja, kurang menarik plus agak berat pemuatannya.

Itulah kelebihan dan kelemahan media sosial Facebook, Twitter, Instagram dan Google+ untuk pemasaran produk Anda. Dengan memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka tinggal Anda akan memaksimalkan pemasaran di platform yang mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *