7-keunggulan-lens-prime-50mm

Mungkin Anda ada yang berpikiran, sebuah lensa yang tidak bisa dizoom dan focal length-nya tanggung seperti lensa prime 50 mm ini untuk apa? Memang kebanyakan orang yang masih baru di dunia fotografi hanya memiliki lensa kit, ataupun lensa bawaan kamera. Selain memang sudah dalam satu paket, lensa kit ini lebih murah. Namun jika Anda ingin hasil yang lebih, maka disarankan untuk membeli lensa Prime 50 mm ini. Meskipun banyak yang mengira sebagai lensa yang tanggung, tetapi ada 7 keunggulan lensa Prime 50mm yang akan membuat Anda mempertimbangkan untuk segera memilikinya.

1. Cepat dan Bukaannya Besar

Lensa Prime 50mm memiliki bukaan yang maksimal yaitu f/18 atau f/14. Dengan bukaan ukuran besar ini Anda bisa memanfaatkan shutter speed dalam memotret. Sehingga lensa Prime 50mm tergolong lensa cepat. Bukaan tersebut juga lebih baik daripada lensa kit yang hanya maksimal f/3,5 saja.

2. Performa Optik Lensa Prime Sangat Bagus

Lensa Prime 50mm ternyata tak bisa dipandang sebelah mata. Kualitas gambar dari lensa ini meskipun dari kelas yang harga murah pun tetap bagus. Hasil foto dari lensa ini akan lebih tajam. Selain itu lensa Prime 50mm sudah ada sejak lama. Maka bisa dipastikan para produsennya sudah berpengalaman.

3. Mampu Menghasilkan Foto Bokeh Yang Istimewa

Dengan harga yang sangat terjangkau, lensa prime 50mm sudah mampu menyajikan foto bokeh yang cantik. Hal ini karena imbas dari bukaan lensa yang sangat besar sehingga kita bisa membuat efek bokeh dengan sangat mudah. Karena memang pada dasarnya kunci untuk menciptakan foto bokeh adalah bukaan lensa yang besar.

4. Karena Tanpa Zoom, Maka Anda Akan Lebih Terlatih Mencari Angle Yang Tepat

Lensa Prime adlah lensa jenis fixed yang tak bisa dizoom. Oleh karena itu penggunanya harus menggerakkan badan dan kaki untuk mengambil gambar terbaik. Justru karena kekurangan inilah maka pengguna lensa prime akan menjadi terbiasa dan tahu harus mengambil sudut foto darimana.

5. Bobotnya Lebih Ringan Sehingga Praktis

Kebanyakan lensa Prime 50mm tak akan lebh berat daripada lensa jenis lain. Kecuali jika Anda beli merek Canon, memang agak berat. Ini tentu akan mempermudah Anda saat traveling. Kan jadi tidak nikmat kalau jalan-jalan harus ada tambahan beban 1 kilo hanya untuk memotret? Nah, lensa Prime 50mm ini enteng, nggak sampai 1 Kg.

6. Lensa Prime Bisa Diubah Menjadi Lensa Makro

Ternyata lensa Prime 50mm merupakan lensa yang idela sekali. Khususnya jika Anda enggan beli lensa makro yang harganya tentu tidak murah. Nah, lensa Prime 50mm bisa disulap menjadi lensa makro. Caranya adalah menggunakan trik pemasangan extension tube (tabung khusus yang dipasang di depan lensa), bisa juga dengan cara memasang terbalik dengan bantuan reverse ring. Dengan lensa makro ala prime 50mm ini maka Anda bisa memotret benda-benda kecil dengan hasil yang tajam.

7. Lensa Prime 50mm Harganya Lebih Murah

Harga lensa prime 50mm cenderung lebih murah ketimbang lensa lain. Dengan kualitas dan keunggulan seperti yang kami ungkapkan, maka harga tersebut sangatlah murah dibanding misalnya haru membeli lensa aneka ragam. Untuk harganya di toko online dijual mulai harga Rp500.000 hingga 1 jutaan tergantung mereknya.

Sekarang sudah tahu keunggulan lensa prime 50mm bukan? Jadi jangan ragu untuk mencobanya. Semoga informasi ini membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *