5-Software-Editing-Video-Terbaik-dan-GratisMencari software gratis untuk editing video? Banyak sekali tawaran software editing video namuan rata-rata berbayar dan mahal. Nah, kalau ada yang gratisan tapi menjanjikan kenapa haruis beli yang mahal?

Sebagai standar keunggulan suatu software, kamu hendaknya teliti terhadap beberapa hal sebelum memilihnya. Yaitu software gratisan itu mendukung format video yang bagaimana, memiliki fitur ada saja, mampu mengekspor video ke format apa saja, dan berapa batasan yang disediakan. Nah, setelah kemarin ada software editing video teringan, berikut ini rekomendasi 5 software editing video terbaik dan gratis yang layak kamu gunakan.

1. Lightworks

Lightworks sudah terkenal sejak 20 tahun lalu, dan merupakan satu-satunya software video maker multiplatform yang masih menyediakan versi gratisan, dan mendukung semua OS terkenal (Windows, Mac, Linux).

Versi free dari program ini memungkin kamu untuk mengubah judul, editing multicam dan tersedia 1000 built-in preset yang bakalan membuat video semakin mantap. Dan paling utama adalah fitur superior trimming-nya yang simpel dan cepat. Namun untuk versi gratisan, software ini hanya memungkinkan kamu mengunggah video ke Youtube dan Vimoe.

2. VSDC Free Video Editor

Keunggulan utama dari software editing video gratis satu ini adalah kompabilitas dengan semua format video, baik dalam membaca maupun menyimpan. Berbagai fitur unggulan dimiliki software ini. Mulai dari tool hingga visual efect yang bakalan membuat kalian yang berproses menjadi Youtubers bakalan puas.

3. DaVinci Resolve 12.5

Software ini sudah terkenal jago dalam hal koreksi warna dan grading. Membuat hasil gambar videomu sekelas master. Menyediakan palet warna yang sangat komplit. Bahkan antar versi berbayar dan gratisannya hanya ada pada fitur noise reductin dan editing stereoscopic 3D yang biasa dipakai oleh para profesional.

Nah, karena fiturnya super komplit, jika hanya perlu editing yang biasa-biasa saja, maka kamu nggak butuh sotware ini, justru bakalan pusing dibuatnya. Selain itu perangkat lunak ini memerlukan RAM yang cukup besar, 4 GB.

4. HitFilm 4 Express

Software editing video satu ini sangat populer di kalangan Youtubers. Berbagai visual effect tersedia, mulai dari shake, ledakan, api, hingga darah-darahan. Dan yang paling diminati adalah tool pembuat gambar 2D dan 3D yang menyajikan kualitas setara Adobe After Effects.

Tool unggulan dalam HitFilm 4 Express antara lain grading warna, fitur Chroma Key, Titling standar, dan editingi audio. Ekspor videonya mendukung format Quicktime, AVI, MOV, MP4, MPEG-1, MXF, DV, HDV dan WMV.

5. OpenShot

Software editing video open source ini juga tak kalah populer. Memiliki dukungan berbagai komunitas dan sering diperbarui. Hasil editannya mendukung semua format seperti Ffmpeg, misalnya WebM, AVSHD, HEVC dan codec audio.

Berbagai fitur editing tersedia dalam software ini. Mulai dari dengan trimming, resizing, scalling, rotasi, Chroma Key, efek transisi, editor audio, dan titling. Bisa dikatakan ini adalah software open source terbaik di kelasnya. Hanya para pengguna software ini banyak yang mengeluhkan sering munculnya crash atau eror dengan software ini.

Nah itulah beberapa software untuk editing video yang terbaik dan gratisan. Tentunya meskipun gratisan masih cukup untuk mendukung kegiatan editing video untuk keperluan pribadi maupun mengisi channel Youtube milik kalian. Nah, untuk urusan yang lebih serius, misalnya video wedding dan sejenisnya, ya konsultasikan saja dengan ahlinya supaya hasilnya lebih memuaskan. Silakan hubungi Mas Bos Multimedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *