7-Kelebihan-dan-Kekurangan-Kamera-DSLRKamera DSLR (Digital Single Lens Reflex camera) kian populer dan terus bersaing dengan kamera mirrorless. Perbedaan fisik serta perangkat utama dari keduanya menjanjikan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentunya ada keunggulan DSLR daripada mirrorless, dan sebaliknya banyak kekurangan mirrorless sebagai kamera jenis baru yang dipenuhi oleh DSLR. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas keunggulan/kelebihan dan kelemahan/kekurangan dari kamera DSLR.

Keunggulan/Kelebihan Kamera DSLR

1. DSLR Memiliki Fleksibilitas

Kamera DSLR memiliki beragam pilihan lensa yang bisa ditukar-tukar sesuai kebutuhan. Semuanya mempunyai manfaat dan kondisi yang cocok. Dengan mengetahui pilihan lensa terbaik, maka Anda bisa menghasilkan foto yang sangat baik.

Ketika memotret landscape gunung misalnya, maka Anda bisa memasang lensa ultra wide. Sedangkan untuk memotret objek kecil Anda bisa menggantinya dengan lensa makro. Begitulah fleksibilitas yang disajikan DSLR.

2. Memiliki Kualitas Gambar Yang Sangat Baik

Dibandingkan dengan kamera digital biasa, maka kamera DSLR menjanjikan hasil gambar yang lebih baik. Meskipun memiliki pixel yang sama, hasil jepretan kamera DSLR selalu lebih bagus daripada kamera digital biasa.

3. Kinerja Kamera DSLR Lebih Baik

Dibanding kamera digital biasa, kinerja kamera DSLR tentu lebih baik. Autofokusnya lebih cepat, penundaan rananya lebih pendek serta memiliki kapasitas memori lebih besar. Kamera DSLR juga dibekali berbagai fungsi dan titik tombol yang lengkap. Meskipun bagi sebagian orang tentunya harus belajar dulu bagaimana mengoperasikan tombol-tombol tersebut dengan benar.

4. Aksesoris dan Perangkatnya Mudah Di-upgrade

Kamera DSLR meskipun telah bertahun-tahun tak akan ketinggalan zaman. Soalnya kamera ini mudah di-upgrade dengan aksesoris dan perangkat tambahan terbaru. Sehingga Anda dapat mengganti beberapa perangkat yang sudah mulai ketinggalan ketika versi terbarunya sudah dibuat.

Kelemahan/Kekurangan Kamera DSLR

Seperti dibahas di atas, ada beberapa sisi kamera DSLR yang akhirnya dijawab dengan lahirnya kamera mirrorless alias tanpa lensa. Kamera yang nggak ribet gonta-ganti lensa, bisa dipakai siapa saja tanpa harus punya skill tingkat tinggi. Berikut ini di antara kekurangan kamera DSLR.

1. Bentuknya yang Besar dan Berat, Merepotkan

Nah kelemahan atau kekurangan dari kamera DSLR terutama dari bentuk fisiknya yang rata-rata besar dan berat. Hal itu karena DSLR menganut sistem yang menuntut adanya prisma dan cermin. Akhirnya kamera DSLR selalu memiliki bodi lebar dan kening menonjol. Posisi viewfinder dalam kamera DSLR juga harus segaris dengan sensor digital dan sumbu optik. Ini pula yang menyebabkan semua kamera DSLR memiliki bentuk bodi dasar mirip.

Karena komponennya lebih besar, otomatis kamera DSLR juga memiliki bobot lumayan. Bagi para pemula, mungkin justru akan minder jika menenteng kamera berat tapi kurang cekatan memotret.

2. Mekanismenya Rumit, Perlu Belajar Tekun

Untuk menghasilkan foto yang bagus dengan DSLR ternyata tidak semudah kamera digital biasa yang tinggal cekrak-cekrek. Apalagi untuk menghasilkan foto semulus karya para master fotografi, kamu harus belajar lama.

3. Harganya Relatif Mahal

Karena komponennya yang rumit maka perakitan kamera DSLR membutuhkan biaya yang besar. Maka tak heran jika harga kamera DSLR pun biasanya mahal. semakin lengkap fiturnya, semakin besar resolusi sensornya, maka harganya akan melambung tinggi. Lihat saja daftar kamera DSLR termahal yang pernah dimuat dalam blog ini.

Kurang lebih itulah keunggulan maupun kelemahan dari kamera DSLR. Namun bagi para profesional kamera DSLR masih punya tempat spesial. Demikian juga kamera mirrorless yang punya penggemar di kalangan tertentu. Ngomong-ngomong soal kamera, kalau butuh sewa kamera untuk berbagai keperluanmu, silakan hubungi unit usaha penyewaan kamera dari Mas Bos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *