video marketing

Elemen marketing menurut Jonah Berger yang dikutip dari adknowledge adalah Surprise, Interest, Intensity, Positivity, Action. Tentu yang akan dibahas pada artikel ini adalah elemen surprise atau mencengangkan. Karena iklan sebenarnya memoles kelebihan produk anda jauh lebih baik dari pada kenyataannya. Bukan berarti terlihat seperti berbohong. Tapi pada dasarnya memang melebihkan produk pada kenyataannya. Sehingga kelima elemen itu bisa digunakan salah satu saja untuk membuat video marketing anda jauh lebih baik.

Surprise, Mencengangkan, Plot Twist

Di dalam sebuah cerita fiksi seperti novel dan cerpen, cerita yang menarik adalah cerita yang memiliki tema yang standar, umum, biasa aja, tetapi memiliki plot yang mengejutkan. Biasanya terletak di akhir cerita sehingga pembaca akan merasa cerita yang mereka banyak keren, tidak terduga. Sehingga inti dari plot tersebut adalah untuk membungkus kesan biasa pada cerita di sebuah cerpen atau novel menjadi luar biasa.

Dikutip dari adknowledge bahwa elemen surprise membuat emosi penonton berubah 180 derajat dengan cepat. Sebagai contoh iklan dari World’s Toughest Job yang bisa anda lihat di youtube. Iklan itu menawarkan pekerjaan yang sebenarnya sangatlah sulit untuk dikerjakan dengan kemampuan orang biasa karena memang syaratnya yang luar biasa tidak masuk akal. Tapi di akhir video diceritakan bahwa pewawancara mengatakan bahwa ada banyak sekali orang yang melakukan pekerjaan tersebut. Kemudian yang diwawancara menanyakan siapakah orang tersebut. Ya, orang tersebut adalah Ibu.

Menurut adknowledge, iklan tersebut sukses karena memiliki elemen surprise atau mencengangkan dalam videonya. Di awal sampai tengah video, kontennya benar-benar ingin membuat penonton kesal. Tidak ada pekerjaan yang mengharuskan berdiri 24 jam sehari selama setahun dengan tanpa bayaran bahkan tidak juga diberi waktu banyak makan siang dan tidur malam cukup. Tapi diakhir bahwa Ibu melakukan hal itu selama setahun saat hamil dan melahirkan maka emosi penonton yang semula kesal menjadi terharu dan beberapa mengaku menangis. Bahkan ada yang langsung menelpon Ibu mereka.

Padahal jika dilihat diakhir, iklan tersebut adalah dari American Greetings and Cardstore. Cardstore sendiri adalah perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan kartu ucapan dan mereka khusus untuk kartu ucapan seperti ke ibu dan nenek. Produk mereka sederhana. Bahkan di Indonesia produk mereka bisa kita temui di toko khas pernak-pernik perempuan dimanapun. Tetapi iklannya luar biasa mengejutkan.

Buatlah Surprisemu Sendiri

Plot twist harus masuk akal. Jika tidak masuk akal tentu penonton pun akan merasa jengah dan mengomentari videomu aneh. Masuk akal berarti, dia tetap dalam hal yang bisa terkait dengan cerita diawal. Misalnya ada seorang remaja laki-laki, dia ganteng dan mendekati seorang remaja perempuan. Dalam video itu diceritakan pendekatan remaja laki-laki pada remaja perempuan. Hingga saat diakhir video, remaja laki-laki meminta janji untuk bertemu. Ternyata plot twist, remaja laki-laki lebih menyukai mobil si remaja perempuan karena telah lama menyukai mobil tersebut namun remaja perempuan jarang membawanya. Penonton tidak akan menduga diawalnya. Tentu video tersebut bisa masuk kategori iklan mobil.

Masih relevan karena kita bisa membuat penampilan remaja perempuan yang sangat kaya dan remaja laki-laki yang sangat ganteng yang bertemu di pusat perbelanjaan. Jatuh hati saling memandang nyatanya remaja perempuan salah persepsi. Ternyata remaja laki-laki sudah melihat mobil yang dikendarai remaja perempuan itu saat menuju parkiran sebelum mereka bertemu. Bagian ini bisa ditayangkan namun tidak harus begitu jelas karena memang untuk elemen surprise yang akan dibuat.

Nah, semoga artikel ini bisa membuat anda memikirkan kembali sudahkah video marketing yang anda rencanakan tersebut memiliki elemen-elemen yang mengejutkan seperti ini. Semoga sudah. Jangan lupa untuk konsultasikan perihal video marketing dengan MasBos.

jasa video jogja sewa kamera jogja jasa edit video bikinvideomarketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *