10-Jenis-Kamera-Digital

Kamera digital jenis apa saja yang Anda tahu selama ini? Bagi para pengguna kamera, mungkin yang paling populer hanya 3 saja. Yaitu kamera DSLR, kamera mirrorless dan kamera procam atau kamera kompak. Padahal ada 10 jenis-jenis kamera digital. Mungkin karena penggunaanya hanya di kalangan tertentu saja, maka tidak semua jenis kamera lalu terkenal. Nah, agar lebih tahu soal kamera, ketahui yuk perincian jenis-jenis kamera digital berikut ini.

  1. Basic Digital Camera (Kamera Digital Dasar)

Kamera jenis ini biasanya dipasang pada perangkat camcoder ataupun ponsel dan perangkat lainnya yang multifungsi. Fitur yang dibawa biasanya sangat terbatas. Umumnya hanya memiliki resolusi yang rendah dan jumlah piksel yang terbatas. Kamera ini memiliki lensa sudut yang lebar. Dengan beberapa teknik, untuk mendapatkan gambar dengan zoom perlu dilakukan beberapa modifikasi elektronik terhadap gambar.

  1. Compact Camera (Kamera Saku)

Kamera ini didesain agar fleksibel untuk dibawa kemana pun. Pada kamera ini biasanya memiliki kontrol kreatif lebih besar daripada kontrol kreatif dalam kamera film sejenis. Kamera kompak biasanya memiliki lensa yang terpasang pada badan kamera.  Kamera saku juga mempunyai variasi berbeda dalam jumlah piksel dan resolusi.

  1. Rugged Camera

Kamera Rugged merupakan variasi dari kamera saku digital. Kamera ini lebih tangguh dalam menghadapi berbagai kondisi. Mulai panas dan dingin, terendam air, hingga tahan guncangan. Salah satu keunggulan kamera jenis ini adalah dengan adanya fitur video yang bisa merekam suara. Juga dilengkapi dengan lampu flash, stabilisator gambar, LCD, dan GPS.

  1. Action Camera

Kamera jenis ini paling terkenal adalah merek GoPro. Ciri khasnya adalah bentuknya yang kecil namun tangguh dan bisa dipasang di lengan, helm, sepeda dan tempat lainnya yang mudah kita bawa. Sudut kamera ini lebar dan mampu mengambil gambar diam, video dan suara.

  1. 360-Degree Digital Camera

Disebut juga kamera 360 derajat. Kemampuannya istimewa, yaitu mampu mengambil gambar dan video 360 derajat. Ini karena adanya dukungan lensa bak-to-back yang mengambil gambar secara bersamaan. Biasanya kamera jenis ini dibekali mode virtual reality, Wifi, Bluetooth, dan built-in stiching. Kamera ini cocok untuk live streaming, dan beberapa di antaranya bisa berperan sebagai kamera aksi.

  1. Bridge Camera atau Super Zoom Camera

Dikenal juga dengan sebutan Advanced Compact Camera. Kamera ini secara fisik mirip kamera DSLR. Karenanya disebut juga dengan DSLR-shape atau DSLR-like. Beberapa fiturnya mirip dengan kamera digital biasa tapi juga mirip kamera saku. Lensanya telah menyatu dan tidak dapat dilepas, dan memliki sensor lebih kecil.

  1. Compact System Camera atau Mirrorless Interchangeable Lens Camera

Istilah ini umumnya merujuk pada kamera mirrorless. Disebut mirrorless karena tak menggunakan sistem cermin dan tak mempunyai jendela bidik. Sehingga bentuknya lebih ringkas dan ringan dari DSLR. Fitur yang jadi ciri khasnya adalah dilengkapi dengan layar LCD dan dapat melihat pratinjau dari gambar yang dibidik.

  1. DSLR Camera atau Digital Single Lens Reflex Camera

Nah, kamera satu inilah yang paling umum di pasaran. Ukurannya lebih lebar dar kamera saku. Ciri khas kamera ini adlah penggunaan cermin dan memiliki beragam mode pengambilang gambar. Dengan kamera ini maka pengguna dimungkinkan untuk mengatur kontrol pengambilan gambar dan exposure. Selain itu kamera DSLR dibekali sensor lebih lebar sehingga kualitas gambar yang dihasilkan sangat baik. Lensa kamera DSLR juga bisa diubah-ubah.

  1. Digital Rangefinder Camera

DRC merupakan kamera pengintai jarak jauh. Fungsinya untuk mengukur jarak subyek, caranya dengan menyesuaikan fokus lensa obyektif berdasarkan pada open-loop controller.

  1. DSLT Camera atau Digital Single Lens Translucent Camera

Jika kamera DSLR menggunakan cermin yang bergerak, maka kamera DSLT cerminnya bisa ditembus oleh cahaya. Sehingga perbedaan paling kentara adalah tidak adanya suara saat pengambilan gambar. Kamera jenis ini mempunyai kemampuan rekam hingga 7-10 fps.

Dengan mengetahui jenis-jenis kamera tersebut tentunya kita semakin memahami fungsi dan keunggulan masing-masing jenis. Sehingga bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *