7-Perbedaan-Antara-Komputer-Windows-dan-Mac

PC atau komputer dengan Windows sebagai OS-nya selalu bersaing dengan Mac dari Apple. Memang masing-masing seolah membangun komunitas pengguna masing-masing. Namun akhir-akhir ini beberapa bagian dari aplikasi dalam Windows juga bisa dipakai oleh komputer berplatform Mac.Lalu Anda pilih mana antara PC dan Mac? Perbedaan antara Komputer windows (PC) dengan MAC berikut ini mungkin bisa membantu Anda.

  1. Produk-Produk Apple Lebih Menonjolkan Keindahan

Karena diproduksi oleh satu perusahaan saja maka penampilan produk Mac sangat terjaga. Apple sangat memperhatikan penampilan produknya. Lihat saja desain komputer Mac seri iMac, Power Mac ataupun MacBook. Lain halnya dengan PC yang memiliki beragam desain tergantung vendor mana yang mengeluarkan. Yang terbagus misalnya Ultrabook dari Dell.

  1. Dalam Hal Software Windows Lebih Banyak

Meskipun aplikasi dalam Mac sudah mulai menyamai PC, namun Windows tetap lebih unggul dalam banyaknya pilihan aplikasi. Yang paling menonjol adalah seputar game yang paling banyak dimiliki windows. Aplikasi gratis untuk Windows pun lebihbanyak. Bedakan dengan Mac yang serba membayar.

  1. Produk Apple Lebih Mahal

Sejak dahulu Apple selalu memproduksi komputer yang harganya lebih mahal ketimbang milik PC. Meskipun ada PC windows termahal, harganya tetap di bawahproduk Apple. Yang paling mahal misalnya dari produk Apple adalah MacBook Pro with Retina Display yang harganyamenembus $2200 atau setara Rp21 juta.

  1. Untuk Main Game, PC Lebih Handal

Dalam hal ini Mac tak bisa menyaingi handalnya PC. Sebabkomputer PC yang mengandalkan Windows sebagai OS-nya kebanyakan lebih mudah dimodifikasi, sehingga pengguna bisa menyesuaikan kebutuhan RAM dan meng-upgrade VGA untuk bermain game yang berat.

Lain halnya dengan Mac yang tidak mudah dimodifikasi atau pun di-upgrade. Untuk bisa main game menggunakan Mac yang ber-spesifikasi handal pengguna harus merogoh kocek sangat dalam.

  1. Soal Ancaman Virus Mac Lebih Aman

Pengguna Mac lebih sedikit ketimbang PC Windows. Itulah sebabnya kebanyakankorban hacking adalah dari pihak PC. Virus juga lebih banyak menyerang komputer PC. Meskipun demikian bukan berarti Mac 100% aman, soalnya belakangan ini komputer mac pun tak luput dari serangan malware.

  1. Ada banyak Pilihan Hardware Untuk PC

Produsen yang mengeluarkan perangkat keras PC lebih banyak. Sehingga pengguna OS Windows lebih banyak pilihan bahkan bisa merakit PC sesuai kebutuhannya. Ini jelas beda dengan Mac yang hanya diproduksi oleh Apple. Sehingga bentuk dan pilihan lain tidak ada. Pengguna seakan diikat dan dikekang untuk tunduk dan patuh pada mereka.

  1. Ternyata, Bisa Kok Menyatukan Windows dan Mac

Salah satu keunggulan Mac adalah bisa menjalankan OS Windows melalui virtual machine maupun secara langsung dalam sistem. Ini karena Mac memiliki Boot Camp sebagai program yang memungkinkan penggunanya memasang Windows dalam komputer Mac. Bahkan Anda sebagai pengguna Mac bisa membagikan ruang hard disk tertentu untuk Windows dan Mac jika keduanya dijalankan bersama dalam satu komputer.

Bahkan Anda pun bisa memilih membangun sistem komputer PC lawas “hackintosh” yang merupakan PC tradisional yang menggunakan OS Mac. Nah, setelah tahu perbedaan dan keunggulan masing-masing tentunya Anda semakin mengerti harus pilih yang mana, sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang pasti hingga saat ini kedua raksasa komputer ini memang memiliki pengguna dari kalangan berbeda .Oke, selamat memilih ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *