6-Tipe-Konten-Video-Marketing

Sebagai salah satu alat pemasaran, video telah menjadi salah satu trending dari tahun ke tahun. Efektifitas yang menjanjikan jangkauan dan modal biaya yang lebih ringkas membuatnua kian digandrungi para pebisnis. Beragam gaya dan pola video marketing pun bermunculan. Nah dari sekian banyaknya video marketing, bisa digolongkan bahwa 6 tipe konten video marketing ini paling banyak di Indonesia.

Tipe konten video marketing berikut ini juga sekaligus menjawab sebaiknya konten yang bagaimana untuk mendongkrak pemasaran di Indonesia. Berikut ini rinciannya..

  1. Branded Films

Mungkin Anda masih asing dengan istilah ini. Namun sebenarnya Anda sudah sering menikmati video iklan model ini. Jika Anda ingat video-video ala Bukalapak, Tokopedia dan LINE, maka itulah yang disebut branded films.

Mudahnya, suatu kolaborasi antara visi pembuat film dengan sebuah brand atau perusahaan. Video jenis ini sangat jauh dari kesan hard selling dan bahkan iklan produknya hanya sekilas di antara keseruan cerita.

  1. Web Series

Senada dengan branded films, video tipe web series juga memfokuskan perhatian pada cerita. Hanya saja web series agak berbeda dalam hal panjangnya cerita dan kemasan produknya. Jika branded films sering berupa cerita satu episode selesai, namun webs series bisa beberapa serial sehingga sensasi menontonnya pun berbeda. Video tipe web series ini memungkinkan pemilik produk untuk lebih banyak menampilkan produknya pada titik-titik tertentu.

  1. Educational Video

Video yang bersifat edukatif, mengenalkan hal baru yang perlu diketahui konsumsen. Hal ini diambil dari sisi misi sebuah brand yang ingin memasarkan produknya. Pastinya produk tersebut punya sisi informasi yang perlu di sampaikan pada masyarakat. Nah, informasi tersebut perlu dibagikan ke konsumen dengan singkat, padat, cepat, dinamis juga menghibur.

  1. Profile Video/Company Profile Video

Video tipe ini dibuat untuk membangun kepercayaan konsumen dan memperkuat citra sebuah brand. Kontennya bisa seputar kisah berdirinya perusahaan, visi dan misi dan berbagai hal yang diunggulakan perusahaan tersebut. Berbeda dari tipe sebelumnya yang mirip film, video company profile banyak menguak sisi menyeluruh terkait perusahaan. Kadang berupa video animasi

  1. Documentary

Video marketing menggunana tipe dokumenter juga mulai banyak digunakan. Biasanya masih seputar perusahaan tertentu yang brand-nya ingin diangkat. Video marketing ala dokumenter mengulas kisah-kisah inspiratif dari tokoh yang terkait dengan brand tersebut. Hal itu juga berguna untuk membangun sugesti positif konsumen terhadap produk atau brand tertentu.

  1. Explainer / Tutorial Video

Video tipe ini juga banyak dipakai oleh beberapa brand. Paling sering adalah produk-produk seputar bahan makanan tambahan. Perusahaan membuat video tutorial misalnya cara membuat roti A dengan bahan-bahan yang salah satunya adalah tepung terigu merek B.

Nah, dari 6 tipe video marketing di Indonesia yang baru saja kami ulas, yang manakah ingin Anda buat untuk memperkenalkan dan mempopulerkan produk Anda? Cobalah konsultasikan dengan Mas Bos Multimedia agar Anda segera bisa menentukan pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *