10-Tips-Jitu-Untuk-Hasil-Foto-Pernikahan-Terbaik

Menjadi fotografer pernikahan bukanlah sembarang profesi. Butuh keterampilan, kecekatan dan kecerdasan menganalisa momen terbaik  untuk menghasilkan gambar terbaik untuk klien. Tanpa keberhasilan menghasilkan dokumentasi yang memuaskan pelanggan, maka bisa jadi Anda akan mendapatkan kesan buruk yang akhirnya membuat para calon klien berpaling. Nah,   agar hasil kerja Anda semakin memuaskan, berikut ini ada tips jitu agar hasil foto pernikahan berkualitas terbaik.

Bagi yang baru terjun di dunia jasa fotografi, menjadi fotografer pernikahan tentunya cukup menegangkan. Soalnya mereka dituntut untuk menghasilkan gambar yang benar-benar mewakili momen bahgia dan sakral tersebut. Karena itu 10 tips jitu ini silakan Anda terapkan dengan tepat …

  1. Catat Momen Mana Saja Yang Akan Diambil

Tips pertama adalah mencatat dan merencanakan jenis pemotretan apa saja yang akan Anda lakukan. Lalu perkirakan dan komunikasikan dengan pelanggan, kira-kira momen apa saja yang mereka minta diabadikan. Sehingga nantinya kerja Anda lebih terarah. Tentu kesigapan menangkap hal-hal yang di luar catatan juga harus Anda lakukan.

  1. Cek Lokasi Bersama Calon Klien, Rencanakan Sesi Fotonya

Selanjutnya, Anda perlu meninjau lokasi pemotretan bersama calon pengantin. Ini penting agar nantinya Anda mendapatkan gambaran posisi, fokus dan lainnya yang terkait pengambilan gambar. Juga akan memberi gambaran seberapa pencahayaan lokasi pemotretan, sehingga Anda bisa memastikan nanti pemotretan yang bagimana agar hasilnya bagus.

  1. Pastikan Persiapan Alat Pendukung

Tanpa persiapan yang matang Anda bisa saja menemukan insiden memalukan. Entah itu kamera kurang pas, baterai habis dayanya, kartu memori ternyata penuh dan nggak bawa cadangan, dan sebagainya. Karena itu kurang 1 atau 2 hari dari pelaksanaan, periksa betul persiapan Anda dan tim. Pastikan membawa baterai cadangan, kartu memori yang kosong dan cadangannya, peralatan pencahayaan jika diperlukan dan lain sebagainya.

  1. Hal-Hal Kecil Pun Perlu Anda Ambil Gambarnya

Hal-hal kecil yang sederhana dan biasanya terabaikan perlu Anda perhatikan. Misalnya ambillah gambar cincin, gaun, sepatu, bunga, tatanan meja makan dan isinya. Hal-hal kecil tersebut nantinya berguna untuk memberi variasi pada album memori pernikahan untuk klien Anda.

  1. Gunakan Lebih Dari 1 Kamera

Anda perlu menyiapkan lebih dari 1 kamera untuk hasil yang terbaik. Gunanya agar mendapat posisi dan ekspresi yang tepat dari klien Anda. Jika dari jarak dekat hasil gambarnya kurang bagus, cobalah dari jarak jauh dengan lensa jarak jauh.

  1. Jangan Sia-Siakan Setiap Momen

Momen terbaik tak akan terulang kedua kali. Ibarat waktu tak akan bisa kembali. Begitu juga momen foto yang bagus saat Anda melakukan aktifitas pengambilan gambar. Jangan lewatkan begitu saja. Karena nantinya akan memperindah album memori untuk klien Anda. Kalau perlu satu kali momen tak kurang dari 5 jepretan berbeda Anda lakukan.

  1. Latar Belakang Harus Anda Perhatikan

Dalam foto pernikahan, hal yang paling menantang adalah selalu ada orang lalu lalang saat pemotretan. Hal itu memang tidak selalu buruk, tapi kebanyakan akan menimbulkan efek buruk pada hasil jepretan. Selain itu kalau mengandalkan latar belakang biasa, maka Anda akan mendaptkan kumpulan foto yang kurang memuaskan karena seolah itu-itusaja.

  1. Kreatif Mengambil Gambar Dari Sudut Bervariasi

Selalu tampillah sebagai fotografer yang kreatif. Lakukan pengambilan gambar dari berbagai sudut yang dirasa bagus. Levelnya juga jangan seragam, pose juga harus bervariasi. Sehingga hasil kamera nantinya akan beragam dan bisa banyak pilihan untuk memasukkan dalam memori pernikahan.

  1. Teliti Pengaturan ISO Sesuai Lokasi

Ukuran sensivitas cahaya yang diterima sensor kamera (ISO) mempengaruhi hasil foto Anda. Harus mengerti benar tentang ISO ini. Anda harus mengerti berapa ISO yang harus diterapkan untuk memotret dalam ruangan, luar ruangan maupun dalam suasana yang kurang pencahayaan. Dengan mengerti penerapan ISO yang tepat maka foto hasil kerja Anda akan bagus dan memuaskan.

  1. Tripod, Penting Agar Kamera Tak Goyang

Benda satu ini juga perlu Anda bawa. Tentu sangat berguna nantinya untuk mengistirahatkan tangan Anda. Selain itu dengan tripod maka kemungkinan tangan bergoyang saat mengambil gambar.

Tentunya tips agar hasil foto pernikahan menjadi yang terbaik ini juga harus didukung perlengkapan yang berkualitas. Jika Anda fotografer pemula yang masih belum memiliki peralatan lengkap, maka manfaatkan saja jasa sewa kamera terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *