7-Tips-Memaksimalkan-Video-Untuk-Strategi-Digital-Marketing

Sudah jelas bahwa video kini telah menjadi salah satu alat dan strategi pemasaran yang banyak digunakan. Menurut Web Video Marketing Council 73% marketer mengakui bahwa video telah berpengaruh positif pada hasil pemasaran mereka. Selain itu 96%  organisasi Business to Businee telah menggunakan video dalam pemasarannya. Nah, sudahkah Anda turut terjun ke strategi ini? Ayo ikuti 7 tips memaksimalkan video untuk strategi digital marketing Anda berikut ini.

  1. Segera Sambut Berbagai Paltform Video

Agar pemasaran digital benar-benar maksimal maka berbagai platform harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Saat ini telah muncul berbagai layanan aplikasi video yang bisa Anda gunakan agar semakin dekat dengan pelanggan. Ada Meerkat, Periscope, Facebook Live dan lain sebagainya. Bahkan di Yutube pun sekarang menyediakan fitur untuk melakukan siaran langsung. Untuk platform lokal seperti Vidio.com juga perlu Anda manfaatkan.

  1. Buatlah Video Marketing Yang Singkat

Karakter para pengguna internet lebih menyukai video yang singkat dan mereka memiliki perhatian pada 10 detik pertama. Jadi pastikan video yang Anda buat memiliki 10 detik pertama yang memikat. Selanjutnya jangan terlal panjang durasinya. Kecuali memang isinya sebuah mini drama yang enak ditonton.

  1. Optimalkan Video Anda Untuk Mendukung SEO Website

YouTube sebagai anakan Google sebenarnya telah menjadi mesin pencari terbesar kedua. Sehingga dengan memaksimalkan SEO untuk video Anda, berarti juga akan mendongkrak SEO website utama Anda. Luangkan waktu untuk mencari keywords untuk video Anda baik di Google maupun YouTube. Kemudian aplikasikan dalam judul, deskripsi dan tag serta transkrip video Anda.

  1. Pastikan Video Anda Berkualitas TInggi

Selanjutnya pastikan konten video Anda benar-benar berkualitas sehingga dapat menarik orang untuk terlibat dan menggunakan produk Anda. Karena video yang berkualitas rendah akan berefek buruk pada SEO. Sedangkan apabila tingkat bouncing video Anda tinggi, maka peringkat Anda di YouTube akan dikurangi. Sebabnya konten dianggap tidak menarik oleh YouTube.

  1. Tak Melulu Menggunakan Platform Gratisan, Muat Video Anda Dalam Hosting Sendiri

Selain mengunggah video ke platform media sosial yang gratisan, sebaiknya Anda pun menyematkan video ke hosting yang Anda sewa. Sebab dengan demikian Anda akan mendapatkan dua trafic sekaligus; dari YouTube dan sejenisnya dan dari website Anda sendiri. Selain itu juga lebih aman, berjaga-jaga kalau terjadi hal yang tak diinginkan. Misalnya video anda diusili orang hingga dihapus oleh YouTube.

  1. Buatlah Video Anda Mobile-Friendly

Di zaman serba smartphone ini dalam menonton video pun orang lebih suka lewat perangkat ponsel pintar. Nah, video Anda pun harus mengikuti tren ini. Video yang Anda sematkan di website harus sudah disetting agar menjadi mobile friendly. Kalau tema ataupun template untuk blogger maupun wordpress sekarang sudah banyak yang responsive mobile friendly, namun masih ada pengaturan khusus agar video YouTube yang Anda sematkan ke blog maupun website menjadi mobile friendly. Silakan temukan tutorialnya yang sudah banyak beredar.

Selain itu, video Anda di YouTube juga bisa disetting agar mobile Freindly. Silakan ikuti tutorialnya di WikiHow

  1. Optimalkan Promosi Video Anda

Mengunggah video marketing ke media sosial, YouTube, Website, dan lainnya ternyata masih kurang. Soalnya di zaman serba digital ini pun banyak pengusaha yang menggunakan strategi ini. Jadi untuk membuat video Anda banyak menjangkau pengguna internet terpaksa harus dipromosikan lagi, jadi mempromosikan video promosi. Seperti di Facebook misalnya ada layanan FB ads, di YouTube ada YouTube ads, di Google ada Google Adwords. Nah pilihlah Fb Ads ataupun YouTube Ads untuk mempromosikan video promosi Anda.

Dengan 7 tips memaksimalkan video marketing tersebut, semoga saja bisnis Anda kian lancar dan terkenal serta kedatangan pelanggan berlimpah. Untuk membuat konten video marketing yang berbobot, unik dan kreatif nggak usah pusing-pusing, percayakan saja pada ahlinya, Mas Bos Multimedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *