Menjadi-Kameraman-Yang-Baik-dan-BenarPembuatan video klip baik untuk tujuan umum sebagai film maupun video iklan tak bisa lepas dari juru kamera alias Kameraman. Seorang kameraman yang sudah profesional tentunya akan menghasilkan hasil shooting yang baik dan memuaskan. Atau jika Anda masih tahapan belajar menjadi kameraman yang baik dan benar, maka simaklah 11 tips penting ini.

1. Cara memegang Kamera Video

Posisi tangan yang tepat dalam memegang kamera adalah satu tangan memegang kamera dan yang lain mengoperasikan zoom. Tangan tersebut juga menahan agar posisi kamera tidak bergoyah. Dalam beberapa teknik, penggunaan tripod sangat dianjurkan.

2. Jangan Terlalu Menggunakan Zoom

Penggunaan zoom harus tepat. Sebab menggunakan zoom berarti akan memperlihatkan goyangan sekcil apapun. Daripada menggunakan zoom, lebih baik mendekat saja ke obyek.

3. Hati-Hati Dengan Suara

Dalam proses shooting sebaiknay selalu menghidupkan mic kamera. Nanti kalau ternyata suara yang masuk tak dibutuhkan maka tinggal menghilangkannya saat editing. Hanya saja mic internal memang sensitif sekali, jadi hati-hatilah agar tak mengeluarkan suara yang tak diperlukan.

4. Pentingnya Peraturan 10 Detik

Peraturan 10 detik maksudnya setiap adegan direkam setidaknya selama 10 detik. Selam itu hindari gerakan kamera yang tidak diperlukan. Pengambilan gambar dengan durasi minimal 10 detik ini akan memudahkan editor video dalam menentukan mana gambar yang terbaik untuk diambil.

5. Penggunaan Panning & Tilting Secara Tepat

Sebaiknya penggunaan dua teknik ini dilakukan secukupnya saja atau jika sudah benar-benar berpengalaman. Mengambil gambar bergerak secara horizontal (Panning) dan secara vertikal (tilting) harus dilakukan dengan halus dan tetap mempertahankan aturan 10 detik.

6. Selalu Cek Fokus, Exposure and White Balance (keseimbangan warna)

Tigal hal pokok ini harus selalu Anda cek keseimbangannya. Sebagus apapun angle kameranya tetapi jika fokusnya terganggu maka akan kurang bagus juga hasilnya.

7. Selalu Ambil Cutaways

Cutaways merupakan gambar pengisi yang masih berkaitan dengan obyek atau tema gambar yang dishooting. Tujuannya selain agar tampilan gambar tidak monoton pada obyek juga agar video lebih informatif.

8. Hindari Melawan Cahaya Kuat

Hindari menghadap ke arah sumber cahaya yang kuat, tetapi kameraman harus membelakangi cahaya tersebut. Kalaupun harus melawan cahaya, maka harus didukung dengan pencahayaan yang memadai dan hanya berlaku pada obyek jarak dekat.

9. Gunakan Tripod Untuk Menahan Goyangan

Sebuah tripod akan sangat berguna untuk mengambil gambar dengan jelas dan tenang. Kebanyakan video yang diproduksi sendiri menghasilkan gambar yang bergoyang dan tidak nyaman di mata. Semua itu tak perlu terjadi jika Anda menggunakan Tripod saat shooting.

10. Jangan Malas Bergerak Mencari Angle Paling Pas

Seorang kameraman yang baik harus rajin bergerak dan berpindah mencari sudut pengambilan terbaik. Dengan memiliki gambar dari berbagai sudut maka akan banyak pilihan yang terbaik. Hanya saja perlu dicatat, seperti poin sebelumnya, agar tidak mengambil gambar saat kamera masih aktif merekam.

11. Buatlah Sekuen

Membuat sekuen sebelum melakukan pengambilan gamabr sangatlah penting terutama bagi pemula. Dengan merencanakan runtutan kombinasi cara dan tipe pengambilan gambar maka Anda akan lebih mudah bekerja mengikuti alur yang telah Anda buat sebelumnya.

Dari 11 tips menjadi kameraman yang baik dan benar ini setidaknya Anda tahu bahwa menggarap sebuah video berkualitas sangatlah berat. Namun kabar baiknya ada jasa video Mas Bos Mulitmedia yang telah menyiapkan kameraman berpengalaman. Silakan hubungi untuk menghadirkan video marketing terbaik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *